Berita Nasional Terpercaya

Wah, Serunya Berteman Dengan Editor!

0

Bernas.id – Setiap orang umumnya memiliki hobi. Beragam dengan keseruannya masing-masing. Hobi menjadi cara menyegarkan otak yang mulai jenuh. Tumpukan tugas kantor kadang membuat hidup justru terasa membosankan. Hobi tersebutlah yang menjadi selingan penghilang rasa bosan. Salah satunya adalah menulis. Tapi bagi pemula, mungkin perlu latihan berulang agar tulisan tidak kaku.

Penulis memerlukan bantuan editor untuk meningkatkan kualitas tulisan. Nah, bagaimana jika seandainya kita yang sedang aktif menulis berteman dengan editor?

Baca juga: Mengenal Teks Berita, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh Penulisannya

Tentu menyenangkan mempunyai teman dari berbagai profesi. Kita bisa mengambil banyak pelajaran dari pengalaman mereka. Entah dengan cara mengamati gerak-gerik mereka atau mengulik langsung kisah dari lisan mereka sendiri. Editor memiliki peranan penting bagi seorang penulis. Memperbaiki kekurangan disana sini hingga tercapailah tulisan yang bagus.

Inilah serunya berinteraksi dengan editor terlebih jika editor tersebut adalah editor yang secara rutin membaca tulisan kita. 

Evaluasi tulisan jadi lebih cepat

Editor yang baik pastilah menginginkan tulisan yang dibacanya benar-benar menarik. Mereka secara konsisten melakukan evaluasi bagi penulis. Sesuatu yang mengasikkan jika Anda memiliki kesempatan dikritik secara personal. Semacam memiliki guru privat yang mumpuni. 

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Teks Persuasif Sesuai Jenis dan Strukturnya?

Isi tulisan lebih kreatif

Dari editor kita akan menerima banyak masukan yang membangun. Mereka dengan pengalaman yang lebih lama dalam dunia kepenulisan sudah pasti lihai memainkan kata dibanding kita yang hanya penulis pemula. 

Baca juga: Contoh Paragraf Induktif, Deduktif, Campuran, dan Ineratif

Judul tulisan lebih cepat dilirik

Banyak penulis yang sebenarnya sudah pintar menuangkan kata namun kurang dipoles. Alhasil ada saja kekurangan dari tulisan, contohnya : judul. Sayang sekali, jika tulisan yang bagus tidak dikemas dengan judul yang unik. Di sini kita akan diajarkan strategi menarik pembaca lebih banyak.

Beberapa poin yang telah dipaparkan hanya sedikit manfaat yang bisa dipetik dari sebuah hubungan antara penulis dengan editor. Kenyataannya ada lebih banyak manfaat, lo. Yuk, semangat menulis, menambah teman dan lebih sering melakukan evaluasi diri! 

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku 2021

Leave A Reply

Your email address will not be published.