Berita Nasional Terpercaya

Transportasi Online, Bentuk Pemanfaatan Era Teknologi

0

Bernas.id ? Zaman now menjadikan teknologi sebagai teman sehari-hari. Teknologi yang semakin canggih menjadikan tiap-tiap orang tak dapat lepas darinya. Didalam tekonologi sendiri menyediakan fitur-fitur terbaru maupun aplikasi-aplikasi baru yang memudahkan aktivitas manusia. Tak salah memang teknologi ini memunculkan inovasi-inovasi baru dalam mengefektifkan segala macam kegiatan manusia.

Transportasi online adalah salah satu dari inovasi baru teknologi yang mucul dalam memudahkan aktivitas manusia. Hanya dengan memberikan alamat rumah dan lokasi tujuan kita sudah langsung datang driver kendaraan yang akan mengantar kita kepada tujuan. Ditambah dengan harga yang begitu menjulang murahnya, yang jika dibandingkan dengan transprotasi konvensional memiliki perbedaan yang sangat jauh berbeda. Bisa dikatakan jauh berbeda lebih murah. 

Namun, perkembangan zaman yang semakin memudahkan manusia menjadi pertikaian pada tiap-tiap orang lainnya. Orang-orang yang mungkin kesulitan dengan perkembangan zaman yang semakin berkembang, sehingga kesulitan untuk dapat mengikutiya. Inilah yang kerap kali menjadi pertengkaran dan perdebatan antara transportasi umum baik online maupun konvensional. Sebagian pekerja konvensional merasa pihak online tidak mengikuti persyaratan sebagaimana syarat pada pengendara transportasi, menjadikan turunnya penghasilan yang didapatkan dan berbagai alasan lainnya. Adanya aksi demo dan aksi-aksi lainnya pada transportasi konvensional menandakan adanya ketidakterimaan atas datangnya transportasi online yang jika dilihat memang lebih terjangkau dan efektif. 

Inilah efek dari perkembangan teknologi. Minat transportasi online memudahkan mobilitas masyarakat itu sendiri. Terdapat beberapa hal yang banyak diminati masyarakat baik pengendara/driver maupun pengguna transportasi online, yaitu adanya peluang lapangan kerja yang begitu besar bagi masyarakat, yang dimana untuk menjadi driver transportasi online bisa pada kalangan manapun dan tidak dibatasi pada jenjang pendidikan. Kemudian harganya yang begitu terjangkau dari transportasi konvensional, waktu yang begitu efektif dalam pemesanannya, langsung datang didepan rumah, dan mobil yang nyaman. 

Di balik itu semua ternyata membuat taksi konvensional mencari berbagai cara untuk meningkatkan peminatnya, yaitu dengan melakukan mitra bersama transportasi online lainnya. Pada akhirnya dengan adanya mitra ini menjadikan berkurangnya pertengkaran antar pekerja transportasi umum dan saling diuntungkan satu sama lain. Walaupun ada transportasi konvensional lainnya yang tidak bermitra. 

Itulah dampak pada teknologi yang memudahkan masyarakat dalam segala hal, khususnya transportasi online ini. Dalam hal ini semoga para transportasi online maupun konvensional sama-sama dimudahkan dalam mencari rezeki yang halal. Allah berfirman yang artinya, ?Dan jikalau Allah melapangkan rezeki kepada hamba-hambaNya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi. Tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendakiNya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hambaNya lagi Maha Melihat?.

Leave A Reply

Your email address will not be published.