Berita Nasional Terpercaya

Rakyat Korsel Kecam Rencana Parade Gabungan Korsel-Korut di Olimpiade

0

Bernas.id ? Dua Korea bertanding sebagai tim yang sama di ajang internasional? Sepintas hal tersebut terlihat menyejukkan karena itu menunjukkan rukunnya kembali dua negara yang masih serumpun tersebut. Dalam ajang Olimpiade Musim Dingin yang bakal digelar di Korsel bulan depan, kedua negara sepakat untuk berparade di bawah bendera persatuan Korea dan menurunkan tim hoki es gabungan.

Namun tanggapan rakyat Korsel sendiri ternyata bak jauh panggang dari api. Menurut hasil jajak pendapat yang digelar oleh Realmeter, hanya 4 dari 10 rakyat Korsel yang mendukung ide kontingen Korut dan Korsel berpawai di bawah bendera yang sama. Di media sosial, ribuan rakyat Korsel juga mengekspresikan rasa tidak setujunya atas rencana tadi.

Lee Seung-Kun adalah satu dari sekian banyak warga Korsel yang menentang ide tim gabungan dua Korea untuk Olimpiade Musim Dingin mendatang. ?Kita adalah dua negara yang berbeda terpisah. Tidak ada yang mempertanyakan itu. Jadi bertanding di Olimpiade sebagai satu negara adalah hal yang tidak masuk akal,? kata Lee seperti yang dilansir oleh Reuters.

Menurut Andray Abrahamian dari lembaga studi internasional CSIS, tingginya tanggapan negatif atas ide tim gabungan di Olimpiade menunjukkan kian mengakarnya sentimen bahwa Korsel adalah negara dengan identitasnya sendiri. Bukan sekedar satu dari dua negara di Semenanjung Korea yang menjalankan ideologi berbeda.

Ide mengirimkan tim gabungan dua Korea sendiri bukanlah ide yang baru. Dalam Olimpiade di Australia tahun 2000 lalu, kontingen Korut dan Korsel juga sempat berparade di bawah bendera yang sama. Wacana kalau penyatuan dua Korea bakal segera terwujud dalam waktu dekat pun sempat berhembus.

Namun sesudah 18 tahun berlalu, hal tersebut nyatanya tidak pernah terwujud. Salah seorang netizen Korsel di Twitter lantas berkomentar kalau selama jeda waktu tersebut, Korut berulang kali melakukan uji coba misil dan menewaskan warga Korsel. Ia lantas berkomentar bahwa selain untuk pertunjukan politik, parade di bawah bendera yang sama tidak akan membawa perdamaian bagi kedua negara.

Leave A Reply

Your email address will not be published.