Berita Nasional Terpercaya

Untuk Pertama Kalinya, Inggris Punya Menteri untuk Tangani Masalah Kesepian

0

Bernas.id ? Kesepian adalah hal yang umumnya dibenci banyak orang. Sepintas merasa kesepian dianggap sebagai masalah pribadi yang remeh. Namun pemerintah Inggris ternyata tidak sependapat. The New York Times mengabarkan kalau Perdana Menteri Inggris Theresa May baru saja menunjuk Tracey Crouch sebagai Menteri Kesepian pertama di negara tersebut.

Penunjukan menteri dengan jabatan yang tidak biasa ini sendiri bukanlah untuk mencari sensasi semata. Menurut data yang dirilis oleh Komisi Jo Cos pada bulan Desember lalu, sebanyak 9 juta orang Inggris diketahui merasa selalu atau kerap berada dalam kondisi kesepian.

Hasil studi lain yang dirilis oleh Akademi Sains Nasional pada tahun 2015 menemukan kalau orang yang kesepian cenderung lebih mudah jatuh sakit. Hal ini terjadi karena saat orang berada dalam kondisi kesepian yang ekstrim, kemampuan sistem kekebalan tubuh seseorang untuk memerangi wabah penyakit menjadi berkurang.

Jika seseorang sudah terlanjut terserang demam, berada dalam kondisi kesepian juga dapat memperparah penyakit yang diderita oleh orang tersebut. Hasil studi lain yang dimuat oleh Jurnal Perspektif Sains Psikologi pada tahun 2015 memaparkan bahwa berada dalam kondisi kesepian meningkatkan resiko kematian dini hingga 26 persen.

?Untuk terlalu banyak orang, kesepian adalah realita yang menyedihkan di kehidupan modern ini,? kata May. ?Saya ingin menghadapi permasalahan yang dimiliki oleh masyarakat, dan mengajak semua orang untuk mengambil tindakan demi mengatasi masalah kesepian yang menimpa kaum lansia, mereka yang peduli, atau mereka yang baru saja ditinggalkan oleh orang yang dicintainya.?

Inggris sendiri ternyata bukanlah negara pertama yang memiliki menteri dengan tugas yang unik ini. Negara-negara seperti Uni Emirat Arab dan India diketahui sudah lebih dulu memiliki kementerian yang menangani masalah kebahagiaan rakyatnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.