Berita Nasional Terpercaya

Unik, Laba-Laba Ganas Ini Bentuknya Mirip Burung Pelikan

0

Bernas.id ? Sudah begitu banyak spesies laba-laba yang sudah teridentifikasi oleh manusia. Baru-baru ini, para ilmuwan mengumumkan kalau mereka kembali berhasil mengidentifikasi 18 spesies baru laba-laba. Penemuan ini terasa semakin istimewa karena semua spesies yang baru terindentifikasi tergolong sebagai jenis laba-laba pelikan.

Laba-laba pelikan sendiri adalah sebutan untuk sejenis laba-laba kecil yang terkenal berkat penampilannya yang unik. Laba-laba ini memiliki taring dan tubuh bagian depan yang berbentuk panjang. Ketika taringnya sedang dilipat dan tidak digunakan, laba-laba ini dari samping terlihat menyerupai burung pelikan.

Taring panjang yang dimiliki oleh laba-laba pelikan sendiri bukan sekedar untuk penampilan semata. Laba-laba pelikan adalah hewan kanibal yang menjadikan laba-laba lain sebagai makanannya. Saat mencari mangsa, laba-laba ini akan mencari jejak benang yang ditinggalkan oleh laba-laba lain.

Laba-laba pelikan kemudian akan mengikuti benang tersebut hingga sampai ke jaring sarang pemiliknya. Hal berikutnya yang dilakukan oleh laba-laba pelikan adalah menunggu di tepi jaring hingga berjam-jam lamanya.

Saat laba-laba pemilik sarang pergi ke tepi sarang, laba-laba pelikan langsung mencaplok laba-laba tadi dengan taringnya. Berkat taringnya yang panjang, laba-laba pelikan bisa menggenggam mangsanya sambil menyuntikkan racun hingga mangsanya lumpuh. Laba-laba pelikan selanjutnya akan melipat taringnya supaya mangsanya bisa dimakan.

Semua spesies laba-laba pelikan yang baru teridentifikasi ini berasal dari Pulau Madagaskar di sebelah timur Afrika. Total ada 26 spesies laba-laba pelikan yang sudah diketahui oleh manusia. Selain di Magaskar, laba-laba pelikan juga dapat ditemukan di Afrika Selatan dan Australia.

?Saya rasa masih ada lebih banyak lagi spesies laba-laba yang belum dideskripsikan atau didokumentasikan,? kata Hannah Wood yang melakukan penelitian ini. Hasil penelitian Wood pertama kali dirilis pada tanggal 11 Januari di situs jurnal ZooKeys.

Leave A Reply

Your email address will not be published.