Berita Nasional Terpercaya

Apa Saat Ini Jogja Masih Tetap Istimewa? Ini Penjelasannya

0

Bernas.id – Jogja apakah masih tetap teristimewa bagi Indonesia? Jogja atau Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berdasarkan putusan Mahkamah tentang Undang ? undang Nomor 32 Tahun 2004 adalah merupakan salah satu daerah istimewa yang dimiliki Indonesia. Selain itu faktor utamanya adalah Yogyakarta menjadi daerah istimewa karena faktor sejarah.

DIY memiliki tidak kurang dari 515 bangunan cagar budaya yang tersebar di 13 kawasan cagar budaya. Selain itu, DIY mempunyai 30 museum diantaranya Museum Ullen Sentalu dan Museum Sonobudoyo yang diproyeksikan menjadi Museum Internasional.

Istimewa Sejak Dulu

Sejarah pembentukan pemerintahan DIY menjadi faktor terkuat ?Keistimewaan Yogyakarta?. Dikaitkan dari keterkaitannya dengan Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia sesuai dalam UUD 1945, pasal 18 dan Penjelasannya yang menjamin hak asal usul suatu daerah sebagai daerah swa-praja (Zelfbestuurende landschaappen).

Tetap Istimewa Dalam Berkembang

Jogja sangat istimewa karena masih sangat kental dengan adat budaya jawanya. Hal ini terbukti dari masih berdirinya Keraton Jogja hingga kini dalam keadaan yang kokoh, serta Sultannya mampu mengayomi warganya dengan baik. Apalagi dalam era modernisasi saat ini terbukti jogja tidak meninggalkan ciri khasnya dan tetap melestarikan budayanya secara turun temurun.

Sistem Kerajaan yang Melekat

Pada zaman dahulu sebelum bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Yogyakarta melakukan sistem pemerintahan berbentuk kerajaan (Kasultanan Ngayogyakarto Hadiningrat dan Pakualaman). Karena menganut sistem kerajaan maka dalam pemerintahannya masyarakat atau aparat pemerintahannya selalu patuh dengan semua peraturan yang dibuat oleh raja.

Selain itu, Keistimewaan Yogyakarta merupakan suatu tebusan atau mahar atas bergabungnya Ngayogyakarto dalam Kesatuan Republik Indonesia.

Menjadi Ibu Kota Republik Indonesia

Pada tahun 1946- 1960 Jogja merupakan Ibukota Negara Republik Indonesia, Hal ini dialami karena Jogja adalah salah satu kota yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia.

Seistimewa Apa Saat Ini?

Saat ini Jogja masih dikenal istimewa oleh berbagai masyarakat di Indonesia, mulai dari masyarakatnya yang ramah, makanan dan berbagai sarana yang sederhana atau murah, banyaknya tujuan wisata alam, bangunan candi, berbagai pantai yang indah, kota pendidikan atau pelajar, kota budaya, kota gudeg, bakpia patok bahkan delman dan pemandangan gunungnya.

Jogja masih menjadi yang teristimewa hingga kita dan masih selalu dihati, gimana menurut anda?

Leave A Reply

Your email address will not be published.