Berita Nasional Terpercaya

Gempa Sudah Berakhir Namun Anda Masih Merasakan Semua Bergoyang? Ini Cara Menanggulanginya

0

Bernas.id – Siang ini, Banten dan sekitarnya dilanda gempa. Gempa yang tak sampai 1 menit tersebut terjadi pada pukul 13:34:50 WIB dengan kekuatan sebesar 6,4 SR dan berpusat di 81km Barat Daya Lebak Banten. Gempa yang tak berpotensi Tsunami ini tak hanya menghancurkan ruangan sekolah di provinsi Banten, namun juga yang pasti memberikan efek trauma kecil bagi mereka yang mengalaminya. Pasien-pasien rumah sakit berhamburan keluar, karyawan di perkantoran ketakutan akan adanya gempa susulan, dan para siswa serta guru yang langsung menghentikan proses belajar mengajar.

Saat gempa berakhir mungkin masih ada beberapa orang yang merasa bahwa sekelilingnya masih bergoyang. Hal ini adalah gejala mabuk gempa yang sering dialami terutama oleh mereka yang tinggal di daerah rawan gempa. Fenomena ini digambarkan sebagai suatu kondisi di mana seseorang merasa ada gerakan mengayun yang disebabkan oleh gempa yang terjadi. 
Mabuk gempa disebabkan oleh dua hal, yaitu
1. Ketidakseimbangan yang disebabkan guncangan yang terjadi akibat gempa
2. Fobia gempa bumi
Bagi sebagian orang perasaan seperti ini hanya dirasakan sementara. Mulai dari beberapa menit, jam hingga beberapa hari. Semua dipengaruhi oleh ketidakseimbangan sistem vestibular telinga, syaraf mata dan kaki.

Penanganan mabuk gempa dapat dilakukan dengan cara yang sama dengan keluhan mabuk laut. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menutup satu mata dan satu mata yang lain memandang ke objek di kejauhan. Penderita juga bisa berbaring, minum cairan dingin atau panas. Untuk kasus yang lebih parah, penderita bisa minum obat antihistamin yang biasanya ada di dalam obat mabuk laut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.