Berita Nasional Terpercaya

Begini Caranya Beli Rumah Tanpa Bunga Bank!

0

Bernas.id – Memiliki rumah idaman sendiri adalah cita-cita dari sebagian besar orang. Demi rumah, orang rela berutang selama sekian puluh tahun.  Namun sebagian orang memilih untuk tidak berutang dengan riba karena itu bertentangan dengan ajaran agama Islam. Di samping itu, harga rumah setiap waktu tidak menurun. Hal ini membuat impian untuk memiliki rumah terlihat semakin sulit. Lantas, kapan bisa dapat rumah jika tidak dengan berutang?

Ada lima cara yang bisa dilakukan untuk tetap mendapatkan rumah idaman tanpa riba. Yuk, kita simak:

1. Pilih Pinjaman tanpa Bank

Bagi yang ingin berencana memiliki rumah dengan berutang tapi tanpa bunga, bisa mencari pengembang yang menawarkan rumah tanpa melalui pinjaman bank. Ada beberapa pengembang yang memiliki fasilitas membeli rumah langsung dengan mencicil tanpa bank. Skema pembayaran hampir sama dengan bank, yaitu dengan mencicil lama sekitar 10 sampai 15 tahun. 

2. Memilih KPR Syariah

Ada beberapa jenis KPR syariah yang biasa digunakan untuk membeli rumah seperti akad murabahah (akad jual beli) dan akad ijarah muntahiya bittamlik (akad sewa beli). Ada juga akad mutanaqisah (akad kepemilikan bertahap) dan akad istishna (akad dengan tujuan inden).

3.. Skema Pembelian Bertahap

Cara skema pembelian ini adalah dengan membayar rumah tunai bertahap. Misalnya rumah dengan harga 200 juta dibeli dengan kesepakatan membayar bertahap selama 24 bulan. Jadi perbulan harus membayar 8.3 juta Rupiah. Sebenarnya skema pembelian bertahap mirip dengan skema cicilan, bedanya jangka waktu pembayaran pada skema pembelian bertahap lebih singkat.

4. Beli Cash

Bila memang ada uang lebih, beli rumah dengan cara tunai lebih baik. Namun, bila memang belum ada dana dan tidak mau pinjam, bisa dengan menyisihkan sebagian kecil pendapatan untuk ditabung atau diputar lagi untuk investasi. Investasi bisa berupa reksadana syariah atau emas. Setelah cukup, barulah kemudian investasi dicairkan untuk membali rumah. 

5. Bekerja Sebagai Marketing Perumahan atau Property

Beberapa pengembang menerapkan kebijaksanaan yang menguntungkan bagi karyawannya, seperti menjualkan beberapa rumah dapat bonus uang yang rupiahnya menarik. Bonus ini bisa dikumpulkan untuk membeli rumah idaman. Ada pengembang bahkan berani memberikan rumah kepada karyawan marketingnya, bila mereka bisa menjualkan rumah dengan jumlah tertentu.

Membeli rumah idaman memang harus bersabar karena semua yang ada di dunia ini tidak ada yang instan. Setidaknya cara di atas dapat dipakai sebagai alternatif pengganti pinjaman bank yang penuh dengan praktik riba.

Leave A Reply

Your email address will not be published.