Berita Nasional Terpercaya

Seratusan Ribu Nelayan di Jatim Sudah Beralih dari Cantrang

0

SURABAYA, Bernas.id ? Setidaknya ada 252 ribu nelayan di Jawa Timur. Pemerintah baru memberikan alat bantu tangkap ikan pengganti cantrang kepada 139.500 nelayan.

Meski pemerintah dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperpanjang penggunaan cantrang, Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jatim akan terus mensosialisasikan tentang penggunaan alat tangkap yang ramah lingkungan.

“Surat pelarangan cantrang kan belum dicabut. (Menteri Kelautan dan Perikanan) hanya menambah waktu peralihan dari cantrang ke alat tangkap lain,” ujar Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Heru Tjahjono, Kamis (25/1/18).

Baca Juga Ini yang Terjadi Kalau Cantrang Terus Dibiarkan

Heru menjelaskan, pihaknya tetap mensosialisasikan kepada para nelayan agar tidak menggunakan alat tangkap cantrang. Ia menambagkan nelayan yang menggunakan cantrang, ada di wilayah pantura.

“Memang secara lisan (penggunaan cantrang) diperbolehkan, tapi suratnya (peraturan menteri) belum dicabut. Kita tetap mensosialisasikan, agar para nelayan beralih penggunaan alat tangkap di luar cantrang, payang,” sambungnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.