Berita Nasional Terpercaya

Wilder Penfield Jadi Google Doodle Hari Ini, Disebut Orang Kanada Paling Hebat. Apa Keahliannya?

0

Bernas.id – Google doodle hari ini,  Jumat (26/1/2018) menampilkan animasi dari wajah Wilder Penfield,  seorang lelaki asal Kanada.

Dia adalah ahli bedah saraf kelahiran Spokane, Washington, Amerika. Hari ini merupakan peringatan hari kelahiran Wilder Penfield. Tepat pada hari ini diperingati sebagai ulang tahun ke 127 kelahirannya.

Halaman doodle Google, menyebut, Penfield pernah disebut sebagai ?orang Kanada yang paling hebat?. Kenapa? Dia membawa kemajuan menakjubkan dalam teknik memetakan dan operasi otak untuk mengobati epilepsi. Penfield percaya bahwa mempelajari obat adalah ?cara terbaik untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik”.

Dia dibesarkan di Hudson, Wisconsin, sebelum belajar di Princeton.Penfield lalu mendapatkan beasiswa Rhodes ke Merton College, Oxford, pada tahun 1915.

Wilder Penfield kemudian menjadi ahli bedah saraf pertama di Montreal dan mendirikan Montreal Neurological Institute pada tahun 1934. Karyanya Neuroscientist yang berisi tentang stimulasi saraf membantu mengobati epilepsi dan menjelaskan tentang fenomena seperti halusinasi, deja vu dan pengalaman di luar tubuh.

Penfield dikenal mengembangkan Prosedur Montreal bersama dengan rekannya yang bernama Herbert Jasper pada tahun 1950.

Operasi ini, yang disebut Montreal Prosedur, menyebabkan penemuan yang lebih besar: merangsang beberapa bagian fisik otak dapat membangkitkan ingatan. Contohnya adalah bau roti bakar yang digambarkan dalam Doodle hari ini.

Baca juga Tokoh Penuh Misteri Virginia Woolf Jadi Google Doodle

Kontribusi Wilder Penfield terhadap neuroscience modern meningkatkan status Kanada dalam perawatan kesehatan global, sains, dan penemuan. Selepas penemuan teori tersebut negara Kanada menjadi negara yang menawarkan kehidupan yang lebih baik kepada mereka yang menderita epilepsi.

Di tahun-tahun berikutnya, Wilder Penfield menjadi seorang penulis dan juara pendidikan universitas. Penfield dianugerahi Medali Lister untuk ilmu bedah dan dilantik ke dalam Canadian Medical Hall of Fame.

Dia menjadi warga negara Kanada pada tahun 1934 dan terus menciptakan terobosan baru. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.