Berita Nasional Terpercaya

Biarpun Diwarnai Kerusuhan, Film Kontroversial Ini Tetap Ditayangkan di India

0

Bernas.id ? Dunia perfilman India tengah dilanda gejolak. Sejumlah bangunan dan kendaraan di lima negara bagian India menjadi korban amuk massa. Mereka adalah bagian dari kelompok Hindu garis keras yang memprotes penayangan film Padmaavat.

Film Padmaavat sendiri merupakan hasil adapatasi dari karya sastra berjudul sama yang dibuat pada abad ke-16. Karya epik tersebut bercerita tentang pengorbanan diri yang dilakukan oleh Ratu Padmavati supaya dirinya tidak ditangkap oleh Sultan Alauddin Khilji.

Menurut mereka yang menentang penayangan film ini, Padmaavat merupakan film yang melecehkan karena menampilkan adegan hubungan intim antara sang ratu Hindu dengan sang raja Muslim di dalam mimpi.

Namun tuduhan tersebut dibantah oleh sang produser film yang menyebutnya sebagai isu semata. Sejumlah orang India yang sudah menonton film ini juga mengaku tidak menemukan adegan yang dimaksud.

Kendati demikian, hal tersebut tidak menghentikan timbulnya aksi rusuh di sejumlah tempat di India. Sejumlah bus dan mobil dibakar oleh massa yang menyerukan pemboikotan film ini. Al Jazeera mengabarkan kalau seorang pemilik bioskop di negara bagian Uttar Pradesh turut menjadi sasaran penyerangan.

Di dekat Delhi pada hari Rabu (24/1/2018), sebuah bus sekolah bahkan sampai dilempari batu oleh massa. Tidak ada murid yang terluka akibat insiden tersebut. Namun beredarnya video yang menampilkan ekspresi ketakutan mereka langsung mengundang banjir kecaman dari netizen India. Sebanyak 18 orang sudah ditangkap oleh polisi terkait insiden ini.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sejumlah bioskop India memilih untuk tidak menayangkan film ini dan memasang poster pengumuman di bagian depan. Namun sebanyak 5 ribu bioskop lainnya tetap menayangkan film ini di bawah pengawasan ketat aparat. Di Indonesia sendiri, film ini ditayangkan oleh sejumlah bioskop milik CGV.

Leave A Reply

Your email address will not be published.