Berita Nasional Terpercaya

Meminum Susu Probiotik Bantu Kurangi Risiko Gangguan pada Wanita Hamil

0

Bernas.id ? Pernahkah Anda meminum susu probiotik semisal Yakult? Biarpun rasanya agak masam, ternyata susu probiotik bermanfaat bagi tubuh. Hasil penelitian terbaru mengungkapkan kalau susu probiotik membantu mengurangi dua permasalahan yang lazim menimpa wanita hamil.

Dua permasalahan yang dimaksud adalah kelahiran bayi prematur, serta meningkatnya tekanan darah dan protein dalam urin (preeclampsia). Menurut Mahsa Nordqvist yang memimpin penelitian ini, kedua kondisi tersebut bisa tercipta ketika ada peradangan yang menimpa sang wanita hamil.

Nordqvist lantas menambahkan bahwa keberadaan bakteri baik yang ada dalam susu probiotik mungkin membantu menekan radang pada tubuh beserta komplikasi yang mengikutinya. 

Penelitian Nordqvist dan rekan-rekannya sendiri dilakukan dengan cara melihat data yang melibatkan 70 ribu wanita hamil di Norwegia. Masing-masing dari mereka juga diberikan lembar pertanyaan untuk mengetahui riwayat kesehatan dan kebiasaan makan mereka pada minggu ke-15 hingga ke-22 masa kehamilan.

Hasil pengumpulan data menunjukkan kalau sebanyak 23 persen dari para responden meminum susu probiotik sebelum kehamilan, 38 persen meminumnya pada minggu-minggu pertama kehamilan, dan 32 persen meminumnya pada minggu-minggu hamil tua.

Saat para ilmuwan melakukan pembandingan dengan mereka yang tidak pernah meminum susu probiotik, mereka menemukan kalau wanita hamil yang gemar meminum susu probiotik memiliki resiko 20 persen lebih rendah untuk mengalami preeclampsia dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum susu. Mereka juga menemukan kalau peminum susu probiotik memiliki resiko 21 persen lebih rendah untuk melahirkan secara prematur.

Nordqvist dan rekan-rekannya sendiri mengakui kalau penelitian ini tidak sempurna. Pasalnya penelitian ini tidak menjelaskan kaitan langsung antara dampak susu probiotik dengan menurunnya resiko preeclampsia dan kelahiran prematur.

Mereka juga tidak mengetahui secara spesifik jenis susu probiotik dan bakteri baik yang berdampak positif pada wanita hamil. Meskipun begitu, tidak ada salahnya bagi anda yang sedang hamil untuk mulai menjadikan susu probiotik sebagai bagian dari menu sehari-hari anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.