Berita Nasional Terpercaya

Ternyata Zakat Fitrah Menumbuhkan Rasa Kepedulian Sosial Anda, Yuk Simak!

0

Bernas.id – Setelah sebulan penuh menjalani ibadah puasa, dimana manusia dituntut untuk selalu bersabar dalam keadaan apapun. Bersabar untuk tidak mengeluarkan amarah dan hawa nafsu, bersabar untuk lebih menahan diri dari segala keinginan yang memuaskan diri. Hal tersebut merupakan pelajaran berharga yang dipetik dari berpuasa. Manusia khususnya umat Islam kembali diajak untuk mengambil pelajaran berharga kembali dengan bentuk ibadah yang berbeda. Ibadah ini dilakukan setelah bulan ramadahan dan sebelum salat ied ditunaikan, ibadah tersebut adalah zakat fitrah.

Zakat fitrah merupakan ibadah yang wajib ditunaikan bagi mereka yang mampu melaksanankannya. Zakat fitrah tidak mengeluarkan harta dalam bentuk uang tapi dalam bentuk makanan pokok yaitu beras. Zakat yang dikeluarkan sebesar 2,5 kg per orang. 

Tujuan dari zakat fitrah adalah untuk menumbuhkan rasa kepedulian sosial diantara manusia. Ketika lebaran tiba, setiap orang ingin merasakan kebahagiaan, berkumpul dengan orang-orang yang dicintainya dan juga mencicipi makanan yang dihidangkan pada hari tersebut. sehingga zakat fitrah sering dibgikan kepada fakir miskin dan orang yang membutuhkan sebelum shalat ied ditegakkan, dengan tujuan agar ketika lebaran berlangsung, tidak ada satu orang pun yang merasa tidak mendapatkan rizki dari Allah di hari yang kemenangan. Selain itu juga, dengan adanya zakat fitrah sehingga terjalin tali silaturahim antara orang yang mampu kepada orang yang lemah. Agar dapat saling peduli sesama manusia. 

Di sisi itu, zakat fitrah bertujuan untuk mengetuk hati kita agar lebih peduli kepada orang lain. Dengan memperbanyak menunaikan zakat yang seharusnya kita lakukan dan amalan-amalan yang dapat meringankan bebann hidup mereka. Karena sesama manusia dan makhluk sosial harus bisa merasakan kehidupan saudaranya agar hidup senang dan bahagia tidak hanya dinikmati oleh dirinya sendiri melainkan oleh orang lain. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.