Berita Nasional Terpercaya

Hati-Hati! Inilah 10 Tanda Gejala Awal Multiple Sclerosis

0

Bernas.id – Multiple Sclerosis atau MS, adalah penyakit autoimun yang menyebabkan pertahanan kekebalan tubuh untuk menyerang lapisan pelindung yang disebut myelin yang mengelilingi saraf. MS mengganggu komunikasi normal dari sistem saraf yang dapat menghasilkan gerakan fisik, dan dalam beberapa kasus, masalah psikologis. Multiple Sclerosis dapat menyerang orang-orang dengan cara yang berbeda dan menyebabkan hampir tanpa henti perkembangan dalam beberapa penyakit. Sementara itu cenderung menjadi lebih episodik pada orang lain. Tidak ada obat yang dikenal untuk MS, meskipun ada perawatan eksperimental yang tersedia dan selalu diperkenalkan. MS biasanya menyerang orang antara usia 20 dan 50 dan mempengaruhi wanita dua kali lebih sering sebagai laki-laki. Gejala-gejala berikut yang sering indikator tahap awal penyakit:

1. Masalah penglihatan;

Multiple Sclerosis dapat menyebabkan berbagai masalah penglihatan termasuk sakit di salah satu atau kedua mata yang mungkin terus-menerus atau hanya terlihat ketika Anda memindahkannya. Gerakan mata kadang-kadang tak terkendali juga terjadi, terutama ketika melihat ke samping.

2. Masalah keseimbangan;

Gangguan yang menyebabkan MS sistem saraf dapat mengganggu sinyal dari otak ke otot-otot tubuh, membuat keseimbangan lebih sulit dan meningkatkan kemungkinan jatuh. Perasaan pusing ketika bangkit dari posisi duduk atau ketika bangun tidur.

3. Kesemutan ekstrem;

Gejala ini sering digambarkan dengan cara yang berbeda oleh orang yang berbeda. Beberapa menggambarkannya sebagai perasaan kesemutan, sementara orang lain mengatakan rasanya berduri seperti jarum. Perasaan ini akan sering mulai di jari tangan atau kaki dan akan semakin sering terjadi di lengan atas dan kaki.

4. Perubahan suhu;

Banyak orang yang menggigil dan mengalami serangan panas tidak selalu merupakan indikasi MS, tapi bagi orang yang mengalami tanda awal penyakit, ada perbedaan antara ?normal? perubahan suhu yang dirasakan dan dipicu oleh sklerosis. Dengan MS, sensasi panas atau dingin akan sering mulai di tangan atau kaki, dan mereka bergerak ke atas lengan atau kaki, melibatkan seluruh tubuh.

5. Sembelit;

Sembelit yang disertai dengan kembung dan penambahan berat badan. Gejala ini adalah tidak sejelas indikator yang lain, seperti masalah penglihatan dan masalah-masalah keseimbangan, tetapi ketika dikombinasikan dengan gejala lainnya, meningkatkan kemungkinan bahwa MS adalah penyebab.

6. Perubahan gejala;

Mendiagnosis MS dapat sangat membingungkan karena gejala bisa intermiten, muncul dan menghilang dengan tidak teratur. Ketika salah satu gejala hilang, timbul yang lainnya.

7. Gemetar;

Ini paling sering terjadi dengan tangan dan menjadi sangat jelas ketika keadaan mulai membuat lebih sulit untuk melakukan hal-hal kecil seperti membentangkan kemeja, menggunakan pinset atau bermain musik. Bisa juga tangan merasa kaku atau kram dan mengalami kejang otot.

8.  Kesulitan kognitif; 

Ini adalah salah satu tanda-tanda awal MS tetapi dapat dengan mudah diberhentikan setelah positif didiagnosis sclerosis. Gejala dapat  melibatkan ketidakmampuan untuk fokus pada hal-hal, kecenderungan untuk menjadi lebih mudah terganggu, dan kesulitan mengingat sesuatu.

9. Ruam;

Bagi banyak orang, MS dapat menyebabkan ruam yang sangat terlihat gejala yang kemudian tiba-tiba menghilang dan mungkin tidak terjadi lagi selama berbulan-bulan bahkan lebih lama. Hal ini dapat sangat menyesatkan. 

10. Perasaan lelah.

Multiple Sclerosis akan menyebabkan serangan kelelahan yang sering datang tiba-tiba, membuat orang merasa seperti tangan mereka dan kaki jauh lebih berat daripada normal. Mungkin juga membuatnya sulit bagi mereka untuk keluar dari tempat tidur.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.