Berita Nasional Terpercaya

2 Point Penting yang Akan Menyeleksi Amalan Seseorang, Yuk Dicek!

0

Bernas.id – Jika dalam biologi kita mempelajari tentang seleksi alam, di mana alam akan menyeleksi makhluk hidup mana yang akan bertahan hidup dan yang akan punah. Dalam beramal pun akan ada yang namanya seleksi amal, di mana amalan yang benar adalah amalan yang diterima, sedangkan amalan yang salah tidak akan diterima.

Secara bahasa “amal” berasal dari bahasa Arab yang berarti perbuatan atau tindakan, sedangkan saleh berarti yang baik atau yang patut. Menurut istilah, amal saleh ialah perbuatan baik yang memberikan manfaat kepada pelakunya di dunia dan balasan pahala yang berlipat di akhirat.

Ada dua point penting yang akan menyeleksi amalan seseorang, yaitu iman dan ilmu:

1. Iman;

Pengertian iman dari bahasa Arab yang artinya percaya. Sedangkan menurut istilah, pengertian iman adalah membenarkan dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan tindakan (perbuatan). Dengan demikian, pengertian iman kepada Allah adalah membenarkan dengan hati bahwa Allah itu benar-benar ada dengan segala sifat keagungan dan kesempurnaan-Nya, kemudian pengakuan itu diikrarkan dengan lisan, serta dibuktikan dengan amal perbuatan secara nyata.

2. Ilmu.

Kata ilmu berasal dari kata kerja ?alima, yang berarti memperoleh hakikat ilmu, mengetahui, dan yakin. Ilmu, yang dalam bentuk jamaknya adalah ?ulum, artinya ialah memahami sesuatu dengan hakikatnya, dan itu berarti keyakinan dan pengetahuan.

Iman dan Ilmu adalah dasar bagi segala ucap dan perbuatan, penuntun hidup hingga kematian. Jika iman sudah kuat, jika ilmu sudah memadai, maka amalan yang dikerjakan akan diterima dan tidak ada yang sia-sia. Namun, jika iman dan ilmu tidak ada, maka amalan yang dikerjakan sebanyak apa pun akan menjadi sia-sia.

Allah Subhanahu wa Ta?ala berfirman,

?Dan Kami hadapi segala amal yang mereka kerjakan, lalu Kami jadikan amal itu (bagaikan) debu yang berterbangan.? (Al Furqan:23)

Bagaimana cara kita mengetahui amalan kita diterima atau tidak? Pertanyaan ini seringkali muncul pada diri seorang hamba. Tanda diterimanya amal adalah kita diantarkan menuju ketaatan yang lebih besar. Kita tidak akan dibiarkan nyaman dengan ketaatan yang itu-itu saja. Dan untuk menuju ketaatan yang lebih besar dibutuhkan iman dan ilmu.

Selamat menjaga kelangsungan amal dengan iman dan ilmu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.