Berita Nasional Terpercaya

The Power of Celengan, Ini Dia Cara Cerdas Emak Lunasi Utang

0

Bernas.id – Berutang memang bisa bikin orang tidak bisa tidur nyenyak. Setiap hari selalu dihantui oleh kewajiban pembayaran. Tubuh jadi kurus kering memikirkan utang yang tidak kunjung terlunasi. 

Sebagai emak yang menjadi manajer rumah tangga, berutang merupakan hal yang sudah biasa dilakukan. Apalagi jika musim daftar anak sekolah dan liburan berdekatan, atau ketika lebaran hampir dekat, pasti emak sudah siap pasang badan untuk berutang. Akibat dari banyak utang, kepala jadi pusing sendiri. Akhirnya Emak 'mojok' sambil menangis tak berdaya. 

Tahukah, jika menabung di celengan bisa melunasi utang? Buka itu saja, dengan menabung di celengan, mimpi kita bisa terwujud. Mau umroh? Mau beli rumah? atau mau beli mobil? Semua bisa dilakukan dengan menabung secara konsisten di celengan.

Sebenarnya dari kecil, kita sudah diajarkan bagaimana menabung dengan menggunakan celengan. Entah itu celangan ayam atau babi, semua sama manfaatnya.  Sayangnya, semakin tua usia kita , semakin besar kenangan celengan ditinggalkan. Padahal celengan mempunyai kekuatan besar untuk memperbaiki keuangan rumah tangga.

Lantas, bagaimana caranya menabung di celengan?

Sesungguhnya kunci dari menabung di celengan adalah disiplin dan konsisten serta target yang jelas. Mengapa celengan tidak penuh-penuh? Hal itu karena kita mungkin tidak konsisten dengan menabung dengan jumlah seadanya saja. Menabung di celengan juga perlu dropdown process yang berisi target menabung. Tanpa target, uang yang masuk dalam celengan hanya menjadi sekedarnya saja. Mari kita simak satu persatu tentang target yang harus dikerjakan hingga selesai.

1. Target Tujuan

Pertama kita harus punya tujuan, buat apa kita menabung? Apakah untuk bayar utang, membeli televisi, mobil dan sebagainya. Dengan punya tujuan, kita bisa fokus untuk mencapainya. Setelah mencapai target, kemudian tentukan target selanjutnya.

2. Target Jumlah

Setelah mengetahui tujuan menabung, target selanjutnya adalah menentukan jumlah yang harus dicapai. Tujuan target ini harus ditulis dan nyata. Jadi sebelum celengan memenuhi target, diharapkan tidak membuka celengan semaunya.

3. Target Waktu

Kadang kita menabung tidak selesai-selesai. Hal ini disebabkan karena menabung tidak memakai target waktu. Jadi setelah target tujuan, nominal, sudah tercatat, target selanjutnya adalah kapan menabung di celengan akan selesai.

Jika semua target sudah tercatar dengan rapi, kita bisa membuat rincian perhitungan berapa jumlah yang harus ditabung setiap hari. Celengan ini bisa menjadi banyak, ketika tujuan menabung bercabang, maka jumlah celengan juga sesuai tujuan. Yang terpenting adalah tetap istiqomah dalam menabung.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.