Berita Nasional Terpercaya

Waduh, Makanan Berkolesterol Tinggi Ternyata Bisa Tingkatkan Pertumbuhan Tumor

0

Bernas.id ? Makanan kolesterol sudah lama diketahui sebagai makanan yang memiliki dampak negatif jika dikonsumsi secara berlebihan. Hasil penelitian terbaru ini semakin menambah panjang daftar bahaya kesehatan yang dapat timbul dari mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh tim ilmuwan pimpinan Peter Tontonoz, makanan berkolesterol tinggi berdampak pada meningkatnya pertumbuhan tumor kanker hingga 100 kali lipat!

Pemahaman kalau kolesterol mendorong pertumbuhan sel tumor sendiri sudah lama diketahui. Namun para ilmuwan pada awalnya masih belum mengetahui apa kaitan langsung antara kolesterol dengan pembelahan sel tumor.

Namun, hasil penelitian yang dilakukan oleh Tontonoz dan rekan-rekannya ini membantu menyibak tabir tersebut. Menurut mereka, penyebab fenomena ini ada kaitannya dengan sel punca. Sel punca adalah sel yang bisa berubah menjadi hampir segala macam sel penyusun organ tubuh.

?Kami merasa gembira bisa menemukan kalau kolesterol mempengaruhi pertumbuhan sel punca di saluran pencernaan, yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan sel tumor hingga 100 kali lipat,? kata Tontonoz seperti yang dilansir oleh Science Alert.

Penelitian ini sendiri dilakukan dengan cara memberikan makanan berkolesterol tinggi pada tikus. Mereka juga memanipulasi gen pembentuk enzim Lpcat3 pada tikus lain supaya tikus yang bersangkutan menghasilkan kolesterol lebih banyak. Hasilnya diketahui bahwa begitu kadar kolesterol pada tikus meningkat, muncul tumor pada saluran pencernaan tikus.

Hasil penelitian Tontonoz dan rekan-rekannya ini pertama kali diterbitkan pada tanggal 25 Januari di situs Cell Stem Cell. Penelitian ini diharapkan bisa dikembangkan lebih lanjut untuk mengetahui apakah fenomena serupa juga terjadi pada manusia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.