Berita Nasional Terpercaya

Wah, Sampah Plastik Ternyata Berbahaya Bagi Terumbu Karang

0

Bernas.id ? Bagi Anda yang gemar menyelam, kawasan terumbu karang ibarat lokasi kunjungan wajib yang tidak boleh dilewatkan. Bentuknya yang indah dan dipenuhi oleh hewan-hewan laut berwarna-warni menjadi alasan mengapa kawasan ini begitu diminati oleh pecinta keindahan bawah laut di seluruh dunia.

Nasib terumbu karang sayangnya tidak seindah penampilannya. Meningkatnya suhu lautan dan pengambilan terumbu karang untuk dijadikan penghias akuarium menyebabkan keberadaan terumbu karang kian terancam. Jika kedua hal tersebut masih belum cukup, terumbu karang kini juga terancam oleh sampah plastik yang hanyut ke laut.

Hal tersebut dipaparkan oleh tim peneliti yang dikepalai oleh Joleah Lamb. Lamb dan rekan-rekannya melakukan penelitian dengan cara mensurvei 159 kawasan terumbu karang yang tersebar di wilayah Asia Pasifik. Mereka kemudian membandingkan kondisi terumbu karang yang habitatnya dipenuhi oleh sampah plastik dengan yang tidak.

Analisa yang dilakukan secara mendalam menemukan kalau terumbu karang yang habitatnya dipenuhi oleh sampah plastik memiliki resiko 89 persen lebih tinggi untuk terserang penyakit pita hitam, sindrom putih, dan pengikisan rangka. Berbeda jauh dengan terumbu karang di habitat bebas plastik hanya memiliki resiko sebanyak 4 persen.

Menurut tim ilmuwan yang melakukan penelitian ini, benda-benda plastik semisal tutup botol mengandung bahan polypropylene yang notabene merupakan tempat ideal bagi bakteri untuk membuat koloni. Saat bakteri tersebut terlepas ke lautan dan menginfeksi hewan koral yang menyusun karang, koral pun menderita penyakit.

?Yang paling memusingkan soal penyakit koral adalah begitu koral mengalami kerusakan jaringan, maka jaringannya tidak akan bisa pulih,? kata Lamb seperti yang dilansir oleh Science Alert. Selain oleh bakteri, kantong plastik yang mengumpul di lautan juga bisa menghambat pertumbuhan koral dengan cara melepaskan zat beracun dan menghalangi cahaya matahari.

Leave A Reply

Your email address will not be published.