Berita Nasional Terpercaya

Bank Sampah Alam Lestari Beri Pelatihan Kreatif di Gunungkidul

0

Gunungkidul, BERNAS ? Srikandi Sungai Bank Sampah Alam Lestari Ceme Srigading, Sanden, Bantul yang dipimpin Sumartanti, mendapat kepercayaan memberikan pelatihan kepada 30 perwakilan dusun, pengurus dan anggota PKK Desa Girisekar Panggang Gunungkidul, Ahad (21/1) di balai desa setempat.

Ketua Tim Penggerak PKK desa Girisekar Mardikem menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bank Sampah Alam Lestari yang telah memberikan banyak ilmu kepada masyarakat Girisekar. ?Saya mengharap agar dengan mengikuti pelatihan ini sampah plastik yg ada di sekitar tempat tinggal kita dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin, sekaligus bisa menambah income bagi keluarga. Bahkan bisa memperindah lingkungan desa,? imbuhnya.

Di sela-sela memberikan pelatihan Sumartanti mengungkapkan, materi yang diberikan meliputi pemanfaatan limbah plastik dan kain perca. Dari limbah tersebut dibuat aneka produk berupa bunga mawar, bunga anggrek, bros, untaian kalungan bunga. ?Saya dan teman-teman berusaha menebarkan virus positif kepada masyarakat sekitar bahkan kalo diminta se DIY pun kami lakoni, sebab masalah sampah sudah menjadi masalah nasional, peran kaum perempuan sangat vital dalam upaya turut menjaga kebersihan lingkungan  dan memanfaatkan sampah sekitar,? ujarnya berapi-api.

Tokoh Masyarakat Girisekar yang juga Kepala SDN 1 Panggang Gunungkidul Tri Kundari, SPd merasa gembira mendapat tambahan keterampilan tersebut, tak banyak teori namun melalui praktek langsung lebih cepat menguasainya, ada kesulitan langsung bertanya dan diberi penjelasan. Apabila aneka limbah dapat didaur ulang menjadi kerajinan niscaya lingkungan selalu terjaga kebersihannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.