Berita Nasional Terpercaya

Fosil Dinosaurus Berleher Panjang Ditemukan di Mesir

0

Bernas.id ? Mesir dikenal sebagai surganya dunia arkeologi. Pasalnya di negara yang menjadi lokasi muara Sungai Nil ini, tersimpan banyak peninggalan manusia yang usianya mencapai ribuan tahun. Namun Mesir bukan hanya memiliki peninggalan buatan manusia. Negara Firaun ini juga memiliki fosil dinosaurusnya sendiri.

Mansourasaurus shahinae adalah nama ilmiah dari dinosaurus tersebut. Fosil yang ditemukan belum lama ini terdiri dari tengkorak, rahang bawah, tulang leher, tulang kaki, rusuk, sebagian tulang penyusun bahu, serta potongan lempeng di punggung.

Hasil rekonstruksi para ahli menunjukkan kalau dinosaurus ini adalah sejenis dinosaurus berleher panjang dengan ukuran kurang lebih sebesar bus. Fosil ini diketahui berasal dari masa Createceous Akhir yang berlangsung antara 100 hingga 66 juta tahun yang lalu.

Periode ini tergolong penting dalam studi dinosaurus karena pada periode inilah, dinosaurus mengalami kepunahan massal dari permukaan Bumi. Penemuan fosil dinosaurus tadi terasa semakin penting karena fosil dinosaurus dari periode Createceous Akhir yang berasal dari Afrika tergolong jarang.

?Saat saya pertama kali melihat fosil ini, saya begitu terkesima. Ini adalah (karta karun) Cawan Suci ? fosil dinosaurus dalam kondisi amat baik dari akhir Era Dinosaurus di Afrika ? yang selama ini dicari-cari oleh kami, para paleontolog,? kata Matt Lamanna seperti yang dilansir oleh Science Daily.  

Penemuan fosil ini juga membantu memahami kaitan antara dinosaurus di Afrika dengan benua lainnya. Pasalnya dalam periode Createceous Akhir, benua-benua yang awalnya menyatu mulai terpisah satu sama lain akibat terjadinya pergeseran lempeng Bumi.

?Dinosaurus terakhir di Afrika tidak benar-benar hidup terisolasi. Berbeda dengan apa yang kita usulkan di masa lampau. Mereka masih memiliki hubungan dengan dinosaurus yang hidup di Eropa,? kata Eric Gorscak yang ikut terlibat dalam penelitian fosil ini.

Hesham M. Sallam selaku pemimpin tim penelitian ini lantas berharap kalau penemuan fosil ini hanyalah awal dari fosil-fosil lain yang masih tersembunyi di bawah Mesir. ?Sekarang kami memiliki tim paleontolog terlatih di Mesir. Dengan akses yang mudah ke lokasi-lokasi fosil yang penting, kami berharap laju penemuan fosil bakal semakin cepat dalam kurun waktu beberapa tahun mendatang,? ujarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.