Berita Nasional Terpercaya

Memetik Hikmah dari Proses Metamorfosis Kupu-Kupu, Simak Yuk!

0

Bernas.id – Pernahkah kamu melihat hewan bersayap lebar, indah dan cantik terbang melayang di udara? Hewan apakah itu? Ya, itulah kupu-kupu! Kupu-kupu mempunyai sayap lebar dan biasa hinggap pada bunga yang sedang bermekaran. Sayapnya yang indah dan menawan disukai banyak orang.

Proses metamorfosis kupu-kupu berawal dari telur kemudian berubah menjadi larva atau ulat. Bagi sebagian orang, ulat terlihat menjijikan dan memakan dedaunan sehingga dedaunannya menjadi berlubang. Banyak orang yang menjadi resah saat melihat ulat.

Dengan menganalogikan kupu-kupu seperti manusia yang sedang berhijrah. Menginginkan perubahan pada dirinya dan tentunya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Perubahan itu membutuhkan proses, tidak ada yang instan. Berjuang sendiri seperti kupu-kupu, bermetamorfosis ke arah yang lebih baik.

Seiring dengan berjalannya waktu, ulat itu berkembang dan merubah bentuknya menjadi kepompong. Untuk menjadi kupu-kupu yang cantik, iaharus mengasingkan dirinya dengan menggelantung pada batang pohon. Menahan diri dari berbagai macam rintangan seperti terpaan angin, panas matahari, hujan dan gangguan lainnya. Setelah melewati berbagai rintangan, kepompong itu merubah dirinya menjadi seekor kupu-kupu yang cantik. 

Saat mulai melangkah, melakukan kebaikan berbagai rintangan menghadang. Cobaan dan godaan pun seringkali melalaikan dan melemahkan tujuan perubahan itu. Terkadang menjadi bahan omongan bagi orang-orang disekeliling. Fokuslah pada tujuan akhir dan jadilah seperti kepompong tadi, ia harus menahan diri dari segala rintangan itu. Bersabar dalam berproses itu sangatlah penting. 

Sejatinya, kehidupan adalah proses metamorfosis menjadi lebih baik dari sebelumnya. Yakinlah, suatu saat akan menjadi kupu-kupu yang indah dan menerbangkan banyak manfaat bagi sesama. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.