Berita Nasional Terpercaya

Mudik Lebaran Tahun Ini Tol Batang-Semarang Siap Digunakan

0

JAKARTA, Bernas.id – Pembangunan infrastruktur jalan tol trans Jawa dan trans Sumatera terus digenjot pemerintah. Pasalnya, proyek tersebut digenjot agar masyarakat yang akan mudik saat lebaran nanti sudah dapat melintasi akses ruas jalan tol tersebut sebagai alternatif jalan.

Saat ini diketahui, proyek pembangunan konstruksi jalan tol Semarang-Batang mencapai 69,5 persen hingga awal Februari 2018. Untuk pengadaan lahan, pada periode yang sama, Jasamarga Semarang Batang (JSB) telah membebaskan 98 persen.

Desi Arryani, selaku Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Saat berkunjung ke lokasi,
mengapresiasi sejumlah langkah percepatan yang dilakukan oleh PT JSB.

“Saya berharap ruas Batang-Semarang bisa menjadi jalur alternatif pada arus mudik – balik Lebaran 2018,” ungkap Desi melalui keterangan tertulis, Minggu (11/2/2018).

Dirinya optimistis, proyek ini dapat melewati uji kelaikan dan beroperasi penuh pada akhir 2018, sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Jalan Tol Batang-Semarang merupakan bagian dari proyek Jalan Tol Trans Jawa yang dibagi menjadi 5 seksi.

Rinciannya, Seksi 1 Batang-Batang Timur sepanjang 3,2 kilometer, Seksi 2 Batang Timur-Weleri 36,35 kilometer, Seksi 3 Weleri-Kendal 11,05 kilometer, Seksi 4 Kendal-Kaliwungu 13,5 kilometer, dan Seksi 5 Kaliwungu-Krapyak 10,1 kilometer.

Rencananya, akan dibangun 5 Gerbang Tol (GT), yaitu GT Tulis, GT Weleri , GT Kendal, GT Kaliwungu dan GT Kalikangkung.

Jalan Tol Batang-Semarang ini juga akan memiliki 5 simpang susun, 45 under bridge, 8 underpass, 28 overpass, dan 55 box traffic. Biaya investasinya mencapai Rp 11 triliun lantaran pembengkakkan kebutuhan pembebasan lahan sebesar Rp 5,8 triliun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.