Berita Nasional Terpercaya

Tujuh Tips Menyelesaikan Naskah Novel dalam Waktu Tiga Puluh Hari

0

Bernas.id  Menulis adalah profesi yang menyenangkan. Berprofesi sebagai seorang penulis, berarti orang tersebut sudah menemukan sebuah pilihan hidupnya. Penulis adalah profesi yang paling jujur di antara lainnya. Bagaimana tidak, jika bukan karena orang tersebut menggemari dunia tulis menulis, niscaya orang itu tidak akan mau menulis. Karena yang perlu kamu tau, sebagai profesi utama, menjadi seorang penulis apalagi penulis pemula, tidak akan mendapatkan uang yang setara dengan menjadi karyawan kantor. Itu pun jika sudah memperoleh pendapatan.

Baca juga: Pengertian Interpretasi, Tujuan, dan Macam-macamnya

Sering kali seorang penulis pemula tidak mendapatkan penghasilan dari tulisannya. Sebagai profesi sampingan, seseorang juga harus meluangkan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk menulis. Bayangkan saja, jika kamu tidak benar-benar menggemari dunia menulis, pulang bekerja, pasti kamu akan memilih bersantai, bukan malah menulis. Tapi bagaimana jika kamu dapat menyelesaikan tulisan dalam waktu yang relatif singkat?

Tips berikut dapat kamu coba untuk menyelesaikan satu naskah buku terutama bagi penggemar tulisan fiksi dengan jangka waktu tiga puluh hari saja.

1. Membuat konsep yang jelas sebelum menulis

Konsep utama yang perlu kamu pelajari sebelum menulis adalah membuat premis atau inti cerita dalam satu kalimat. Setelah itu ada outline yang akan menjadi kompas untukmu dalam menulis. Dan, beberapa hal lain yang perlu kamu lakukan. Membeli buku panduan menulis menjadi salah satu cara yang dapat kamu lakukan.

Baca juga: 18 Jenis Konjungsi, Pengertian, dan Contoh Kalimat Terlengkap

2. Konsisten dalam menulis

Dalam setiap hal, dibutuhkan konsistensi yang tinggi. Pun juga dengan menulis. Kamu dapat menargetkan dan memprediksikan berapa kata yang dapat kamu tulis untuk menyelesaikan naskahmu. Misalnya sehari seribu kata, dan seterusnya.

Baca juga: Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, Cara Membuat, dan Contohnya

3. Menciptakan hukuman jika bolos nulis

Kamu juga dapat menciptakan hukumanmu sendiri ketika kamu mulai malas-malasan. Hukuman yang dapat dilakukan misalnya, menambah kata dalam naskah tulisan pada keesokan harinya, dan sebagainya;

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku

4. Mencari mentor pribadi

Selain faktor internal yang dapat kamu lakukan, ada beberapa faktor eksternal misalnya mentor pribadi yang dapat memberikan feed back, motivasi, serta berbagi pengalamannya kepadamu. Dengan begitu, kamu akan dituntun untuk segera menyelesaikan tulisanmu.

Baca juga: Inilah Penggunaan Kata Sambung Di dan Kata Depan Di yang Benar

5. Jangan selingkuh

Dalam menulis naskah novel, ada baiknya kamu fokus kepada satu naskah novel saja. Jangan dulu selingkuh dengan naskah yang memiliki target tinggi. Misalnya, menulis dua naskah novel sekaligus dalam satu periode. Itu akan membuatku keteteran, kecuali jika kamu sudah mahir. Naskah berupa cerpen atau artikel masih aman kamu lakukan karena target kata yang relatif sedikit.

Baca juga: Kaidah Penulisan Huruf Miring dan Tujuan Penggunaannya

6. Banyak membaca novel dan buku-buku lain

Banyak membaca juga akan membuatmu kaya akan imajinasi, diksi, alur, dan pelajaran lain yang dapat kamu serap dan aplikasikan untuk naskah novelmu.

Baca juga: Pentingnya Prosa Ciri Khas Dan Jenisnya pada Tulisan

7. Rajin stalking akun penerbit

Dengan rajin stalking pada periode yang sama dengan proses menulis naskahmu, kamu akan siap dan tau ke mana kamu dapat melempar naskahmu ketika tulisanmu selesai. Pun juga persiapan lain seperti uang untuk membiayai proses penerbitan, jika kamu memilih penerbit inide.

Tips di atas juga dapat kamu terapkan untuk naskah non fiksi, dengan catatan kamu sudah riset sebelumnya. Menjadi suatu kebanggaan tersendiri, jika kamu dapat menyelesaikan tulisanmu dengan optimal dan dengan waktu yang relatif cepat. Karena yang perlu kamu tau, bagian tersulit dari menulis adalah menyelesaikan tulisan.

Baca juga: Pengertian dan Ciri-ciri Komik sebagai Karya Sastra

Leave A Reply

Your email address will not be published.