Berita Nasional Terpercaya

Ternyata Investasi Tidak Harus Mahal, Ada yang Mulai 100 Ribuan Lho!

0

Bernas.id – Ditengah kebutuhan yang harganya semakin meningkat, kita harus bijak dalam mengatur keuangan kita. Apalagi jika sumber pemasukan hanya berasal dari satu sumber yaitu gaji, kita harus pintar pintar menyisihkan jika ingin punya investasi atau minimal sekedar tabungan.

Baca juga: Inilah 7 Daftar Aplikasi Investasi Resmi Versi OJK

“Memangnya ada ya,  Investasi mulai 100 Ribuan?” Apa saja jenisnya mari kita telaah bersama?

1. Reksa dana

Reksa dana adalah instrumen investasi yang memang didesain agar bisa terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Saat ini, reksa dana bahkan bisa dibeli hanya dengan Rp50.000 sampai Rp100.000. Agar lebih terjangkau saat ini sejumlah manajer investasi bahkan membuat produk yang memungkinkan para investor membeli reksa dana yang ringan terutama bagi pemula yang hendak berinvestasi.

Dengan kemajuan teknologi saat ini masyarakat bisa berinvestasi saham dengan modal hanya Rp100.000. Dimana dengan uang Rp100.000 kita bisa mendapatkan 1 lot saham yang harganya Rp1.000/lembar. Dan melalui cara ini kita sudah bisa memiliki investasi dalam bentuk saham dan reksa dana. Selain itu, yang perlu diperhatikan jika menginginkan sebuah investasi ringan namun tetap memiliki return yang cukup tinggi, serta sudah pasti aman, maka reksadana terlindungi merupakan pilihan yang tepat. Investasi ini mampu menghilangkan kekhawatiran akan keamanan dana investasi di dalamnya, sebab pemerintah menjamin reksadana terlindungi selayaknya deposito biasa, meskipun terdapat perbedaan di dalamnya.

Biasanya reksa dana terlindungi merupakan reksa dana yang berinvestasi pada obligasi korporasi atau pemerintah, di mana pemerintah memberikan jaminan perlindungan atas dana yang ada di dalam investasi tersebut. Hal inilah yang membuatnya mirip dengan cara kerja deposito, namun dengan sejumlah return yang lebih besar jika dibandingkan dengan deposito biasa. 

Baca juga: Inilah Jam Buka Bursa Saham di Indonesia 2021

 

2.  Cicilan Emas

Saat ini sudah banyak penerbit instrument investasi berupa emas, baik fisik maupun yang hanya berbentuk surat perjanjian nilai tunai tertentu. Investasi emas atau logam mulia merupakan salah satu pilihan investasi yang menarik. Harganya yang cenderung terus naik dan jarang terpengaruh sentimen pasar global, sehingga tidak heran bahwa instrumen ini banyak dilirik masyarakat.

Untuk berinvestasi emas saat ini tidak lagi harus mengeluarkan biaya yang besar sekaligus. Masyarakat bisa berinvestasi emas dengan sistem cicilan mulai dari 2 sampai 5 tahun untuk berinvestasi emas dengan berat 10-35 gram. Besaran cicilan per bulannya pun dimulai dari Rp150.000/bulan atau Rp 5.000/hari. Untuk memulai cicilan investasi emas, masyarakat bisa datang ke kantor cabang Perbankan, aneka tambang atau pegadaian. Syarat pengajuannya juga sudah dipermudah agar banyak masyarakat yang sadar investasi. Pilihan emas untuk investasinya juga beragam dan bisa dicicil mulai dari 10-35 gram.

Baca juga: Mengenal IHSG, Cara Membaca, Jenis, Manfaat, dan Istilah Terkait

 

3. Tabungan Rencana

Tabungan rencana biasanya merupakan produk perbankan. Kelebihan dari tabungan ini banyak pilihan untuk memulai sesaui kesanggupan dari kita pemilik investasi. Mulai setoran dari Rp100.000 hingga jutaan dan dengan tenor atau masa waktu perencanaan tabungan sesuai kenyamanan kita.

Pertumbuhan nilai tunai dari investasi pada produk tabungan rencana biasanya relatif kecil besaran bunganya lebih sedikit atau mirip – mirip deposito. Selain itu karena ada masa waktu setoran, pada tabungan jenis ini dilengkapi dengan asuransi jiwa. Yang membedakan dengan jenis investasi lainnya adalah ada denda jika dalam waktu yang ditentukan kita tidak membayarkan setoran sebagai tabungan, meskipun keseluruhan dana yang sudah ditabung dikurangi denda dikembalikan ke rekening tabungan kita sesuai perjanjian.

Baca juga; Begini 3 Cara Membeli Saham Bagi Pemula dengan Mudah

Leave A Reply

Your email address will not be published.