Berita Nasional Terpercaya

Waduh, Meminum Teh Panas Ternyata Tingkatkan Risiko Kanker!

0

Bernas.id ? Menyeruput teh yang masih panas memang merupakan kenikmatan tersendiri bagi banyak orang. Apalagi jika hal tersebut dilakukan pada pagi hari atau saat hujan turun. Namun menurut hasil studi terbaru, ternyata meminum teh yang masih panas bukanlah yang sepenuhnya aman. Loh?

Hal tersebut dikatakan oleh tim ilmuwan asal Tiongkok. Menurut hasil studi yang dilakukan oleh tim ilmuwan pimpinan Jun Lv, orang yang hobi meminum teh panas ? serta memiliki kebiasaan merokok dan meminum alkohol ? memiliki resiko terserang kanker saluran pencernaan lima kali lebih tinggi.

Penelitian ini dilakukan oleh Lv dan rekan-rekannya kepada 456 ribu orang di Tiongkok yang berusia antara 30 hingga 79 tahun. Masing-masing dari mereka diminta mengisi lembar pertanyaan mengenai hal-hal seperti seberapa sering mereka meminum teh dan seperti apa kondisi teh yang biasa mereka konsumsi.

Para ilmuwan sendiri masih belum mengetahui secara pasti bagaimana teh panas berdampak langsung pada meningkatnya resiko penyakit kanker. Namun Lv menduga kalau meminum air panas secara berkala berdampak pada timbulnya kerusakan pada sel-sel di dinding saluran kerongkongan.

Saat kerusakan pada sel-sel kerongkongan tersebut dikombinasikan dengan konsumsi alkohol dan rokok, terjadi kerusakan pada DNA sel-sel di kerongkongan dan timbullah kanker. Kanker merupakan penyakit di mana sel-sel tubuh membelah tanpa kendali. Kondisi ini biasanya tercipta ketika DNA pada sel mengalami kerusakan tertentu, sehingga sel tidak bisa mengontrol pembelahannya sendiri.

Namun anda yang hobi meminum teh panas tidak perlu terlalu risau dengan hasil studi ini. Pasalnya menurut Lv seperti yang dilansir oleh Live Science, meningkatnya resiko serangan kanker kerongkongan hanya terjadi jika orang tersebut juga gemar merokok dan meminum miras. Untuk alasan yang sama, Lv juga memberi saran kepada para perokok untuk menghindari minuman panas jika tidak bisa mengubah kebiasaan merokoknya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.