Berita Nasional Terpercaya

Indonesia Dorong Pengusaha Inggris Perluas Investasi

0

JAKARTA, Bernas.id – Pemerintah Indonesia dan Inggris berpeluang untuk meningkatkan kerjasama ekonomi terutama di sektor industri. Pelaku usaha asal Inggris yang tergabung dalam Kadin Inggris British Chamber (BritCham) pun didorong untuk dapat memperluas usaha dan menambah investasinya di Indonesia.

“Sebagian dari mereka sudah ada yang investasi di Indonesia. Kami berharap, melalui BritCham, kerja sama perdagangan Indonesia dan Inggris ikut meningkat,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melalui keterangan resmi usai Breakfast Meeting British Chamber of Commerce Ministerial Series, Selasa (13/2/18).

Menperin menambahkan, pihaknya juga menargetkan meningkatkan nilai ekspor industri, khususnya produk yang tidak diproduksi di Inggris. Airlangga juga menyampaikan sejumlah pelaku usaha Inggris memberikan masukan dan apresiasi kepada pemerintah Indonesia yang telah berupaya menciptakan iklim investasi yang baik dalam pengembangan sektor industri.

“Ada beberapa masukan terkait dengan industry value chain agar industri kita semakin kompetitif di tingkat global,” imbuhnya.

Airlangga menawarkan kepada para anggota BritCham agar bisa melakukan ekspansi atau membangun pabrik baru di beberapa kawasan industri yang sudah dibangun, utamanya di luar Pulau Jawa. Bisa dimulai dari kawasan industri Sei Mangkei di Sumatera Utara yang berbasis pada pengembangan industri pengolahan kelapa sawit.

Menurut data Kemenperin, Inggris merupakan mitra dagang ke-4 terbesar bagi Indonesia dari negara-negara Eropa dengan nilai 2,48 miliar dollar AS pada tahun 2016. Soal investasi, Inggris menempati urutan ke-2 terbesar investor asal Eropa.

Sementara itu, ekspor utama Indonesia ke Inggris mencakup alas kaki, mesin elektrik dan perlengkapannya serta barang dari kayu. Sedangkan, impor dari Inggris juga didominasi oleh produk permesinan serta peralatan medis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.