Berita Nasional Terpercaya

Tiongkok Kerahkan Militernya untuk Lakukan Penanaman Pohon Massal

0

Bernas.id ? Tentara bukan hanya berguna untuk mengangkat senjata semata. Asia Times mengabarkan kalau pemerintah Tiongkok bakal menugaskan 60 ribu tentara dan polisinya untuk melakukan proyek reboisasi atau penghijauan hutan. Mereka ditarik dari kawasan di sepanjang perbatasan sebelah utara.

Menurut Zhang Jianlong selaku kepala Administrasi Kehutanan Negara, Tiongkok berencana mendirikan 6,86 juta hektar pepohonan baru tahun ini. Luas hutan yang dimiliki oleh Tiongkok sekarang ini adalah 208 juta hektar, di mana 33,8 juta di antaranya baru ditambahkan selama lima tahun terakhir.

Tiongkok sendiri memiliki rencana untuk menjadikan 23 persen wilayahnya sebagai wilayah yang dipenuhi oleh hutan per tahun 2020. Sekarang ini wilayah Tiongkok yang memiliki hutan baru mencapai 21 persen dari total luas wilayah negara.

Sebagai negara dengan pertumbuhan industri yang pesat, Tiongkok dilanda masalah serius terkait polusi udara, khususnya di kota-kota besar saat musim dingin tiba. Semakin banyaknya lahan hijau yang dibuka di negara ini diharapkan bisa membantu meringankan masalah tersebut.

Kebijakan mengalihkan tentara untuk melaksanakan tugas-tugas nonmiliter sendiri merupakan bagian dari kebijakan jangka panjang Tiongkok untuk mengurangi jumlah personil militernya.

Tahun 2015 silam, pemerintah Tiongkok mengumumkan kalau pihaknya berencana mengistirahatkan 300 ribu orang tentaranya dan menugaskan mereka untuk melakukan tugas-tugas nonmiliter semisal menanam pohon dan membantu proyek pembangunan pemerintah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.