Berita Nasional Terpercaya

Industri Pasar Properti Kelas Menengah, Masih Diyakini Pengembang

0

JAKARTA, Bernas.id – Belakangan banyak diperkirakan bahwa perkembangan industri properti hunian kelas menengah akan mengalami kelesuan seperti halnya hunian kelas atas.

Pasalnya, kini masyarakat banyak memilih hunian minimalis dengan harga terjangkau. Terkait perkiraan tersebut, pengembang optimistis penjualan di kelas itu masih banyak peminat.

Menurut Winarti Indrajaya, selaku Executive Director The Izzara, saat ini perusahaan tetap optimistis menjual proyek di segmen menengah atas. 

Laju penjualan yang masih bagus saat ini adalah properti di bawah Rp500 juta dan properti kelas atas. Sedangkan proyek di kelas menengah Rp1 miliar-Rp2 miliar, kata dia, justru yang lebih lesu.

Dipihak lain, Tukijo, selaku Direktur Utama PT Waskita Karya Realty menuturkan, perusahaannya membidik segmen menengah dan atas. 

Rata-rata menyasar range harga di atas Rp1 miliar. Sekarang pihaknya belum menyasar menegah bawah kecuali kalau nanti untuk proyek kebijakan pemerintah untuk menggarap segmen menengah dan bawah akan dilakukan.

“Makanya kami harus punya spesialisasi. Kalau semua ke bawah tidak ada yang menggarap nanti,? ungkapnya beberapa waktu lalu.

Assistant Vice President Head of Strategic Residential Marketing Division Agung Podomoro Land Tbk, Agung Wirajaya menuturkan, project segmen menengah dan menengah atas dengan harga jual di atas Rp 1 miliar per unit akan tetap laku dijual dengan membidik end user, bukan pembeli investor yang berspekulasi di bisnis properti.

Jika pun project ini juga akan jadi buruan pembeli tipe investor yang membeli unit properti untuk dijual lagi demi mendapatkan gain atau keuntungan, Agung menjelaskan, pihaknya akan membatasi proporsinya, maksimal 30 persen dari seluruh unit properti yang dipasarkan.

“Rumah market-nya tetap ada, karena permintaan tempat tinggal itu selalu ada oleh keluarga-keluarga baru yang tumbuh. Untuk Bandung kelas middle up juga cukup besar pasarnya. Apalagi nanti akses transportasi dari dan ke Bandung semakin mudah dan cepat dengan hadirnya kereta cepat Jakarta-Bandung.” tutupnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.