Berita Nasional Terpercaya

Fakultas Kekinian, Jokowi: Ada Jurusan Kopi Latte atau Kopi Luak

0

MAKASSAR, Bernas.id – Presiden Joko Widodo mengimbau perguruan tinggi supaya bergerak cepat dan responsif menghadapi perubahan zaman. Negara maju adalah negara yang cepat dan tanggap terhadap perubahan zaman.

?Harus berani melakukan perubahan, harus berani melakukan inovasi. Jangan terjebak dengan rutinitas. Perguruan tinggi harus berubah, fakultas-fakultas di dalamnya juga harus berubah karena dunia juga sudah berubah cepat sekali,? kata pria yang akrab disapa Jokowi itu saat menghadiri Konferensi Forum Rektor Indonesia di Kampus Universitas Hasanuddin, Makassar, Kamis (15/2/18).

Presiden meminta agar  perguruan tinggi mulai membuka fakultas dan program studi baru yang sesuai dengan kebutuhan industri. Jokowi mengungkapkan kuncinya adalah relevansi dan inovasi, jangan terjebak rutinitas. Ia mencontohkan perguruan tinggi Indonesia bisa membuka Fakultas Digital Economy, Fakultas Jasa Industri, Manajemen Industri dalam Olahraga. Kemudian, Fakultas Industri Lifestyle, Fakultas Perkebunan jurusan Kelapa Sawit hingga Fakultas Kopi.

?Jurusan di dalamnya bisa saja jurusan Kopi Latte atau Kopi Luak,? ujar Jokowi sambil bercanda.

Tak hanya itu, Presiden mengingatkan Kemenristekdikti agar kebijakan bisa dirasakan dampaknya perlu fokus dan punya prioritas. ?Ada anggaran jangan di ecer-ecer di setiap tempat sehingga tidak terlihat hasilnya sama sekali. Jangan anggaran dibagi rata di semua kegiatan, tidak fokus,? tegas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.