Berita Nasional Terpercaya

Ukiran Unta Seukuran Hewan Aslinya Ditemukan di Arab Saudi

0

Bernas.id ? Arab Saudi terkenal dengan padang pasirnya yang luas. Akibatnya tidak banyak hewan yang bisa hidup di habitat liar negara kaya minyak ini. Unta menjadi satu dari sedikit hewan yang diketahui bisa bertahan hidup di dengan gersangnya kawasan gurun Arab Saudi.

The Independent mengabarkan kalau unta sudah mendiami kawasan Arab Saudi sejak ribuan tahun lalu. Penemuan ukiran unta oleh tim arkeolog Arab Saudi dan Perancis ini menjadi salah satu bukti pendukungnya. Lukisan pahat ini ditemukan di Provinsi Al-Jawf yang terletak di Arab Saudi timur laut.

Ukiran yang sama diketahui sudah berusia 2 ribu tahun. Namun bukan hanya karena usianya, ukiran unta ini mengundang decak kagum para ahli. Ukiran ini memiliki ukuran yang kurang lebih sama dengan hewan unta versi aslinya.

?Walaupun tempat ini sulit diketahui usianya, perbandingan dengan relief di Petra, Yordania, membuat para ilmuwan percaya kalau ukiran ini sudah diselesaikan pada abad pertama Sebelum atau Sesudah Masehi,? kata tim ilmuwan dalam lembar hasil penelitiannya.

Tim arkeolog yang sama juga meyakini kalau pada masa di mana ukiran tersebut dibuat, lokasi ditemukannya ukiran ini merupakan lokasi yang penting. Pasalnya dibutuhkan keahlian khusus untuk menciptakan ukiran sebaik ini. Mereka juga berspekulasi kalau tempat ditemukannya ukiran ini mungkin di masa silam berfungsi sebagai tempat berdoa.

Namun, masih ada pertanyaan yang membuat penasaran para ahli: alat apakah yang digunakan untuk membuat ukiran ini? ?Selain batu api yang ditemukan di dekat lokasi… kami tidak yakin apakah memang alat ini yang digunakan untuk membuat ukiran,? kata Guillaume Charloux yang terlibat dalam penelitian ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.