Berita Nasional Terpercaya

Ilmuwan Kembangkan ?Robot? Mini untuk Sembuhkan Kanker

0

Bernas.id ? Jika pernah menonton film-film fiksi ilmiah, Anda mungkin pernah melihat adegan di mana seseorang yang terluka bisa sembuh setelah dirinya diberi robot penyembuh yang berukuran amat kecil. Hal tersebut kini coba diwujudkan di dunia nyata.

Tech Crunch mengabarkan kalau para ilmuwan kini tengah mengembangkan robot berukuran mikroskopis (nanobot) untuk keperluan pengobatan. Mereka juga sudah menguji coba robot ini untuk menyembuhkan kanker pada tikus.

Nanobot ini sendiri sebenarnya bukanlah robot dalam artian benda menyerupai mesin. Melainkan semacam rantai DNA yang dirombak dan kemudian dirakit ulang hingga berbentuk menyerupai silinder. Nanobot ini kemudian diberi zat pembeku darah atau trombin.

Para ahli kemudian menyuntikkan nanobot ke dalam tubuh seekor tikus betina yang tengah menderita kanker payudara. Hanya dalam kurun waktu 48 jam, nanobot ini berhasil membekukan aliran darah pada sel tumor. Karena tidak mendapatkan pasokan oksigen dan zat gizi dari darah, sel tumor tersebut kemudian mengalami kematian.

Hal yang lebih mengagumkan adalah nanobot ini berhasil menggumpalkan darah pada sel tumor tanpa mempengaruhi sel-sel lain yang masih sehat. Tim ilmuwan juga sukses melakukan tes serupa pada jaringan tubuh babi untuk memastikan kalau nanobot ini bisa bekerja pada organisme yang berukuran besar.

Kendati terlihat menjanjikan, para ilmuwan di balik penelitian ini sendiri mengakui kalau mereka masih harus melakukan penelitian lanjutan, supaya metode ini benar-benar bisa digunakan secara aman pada manusia. Untuk sekarang, pengobatan kanker pada manusia masih menggunakan metode radiasi kemoterapi dan obat-obatan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.