Berita Nasional Terpercaya

Militer Suriah Bakal Bantu Kurdi dalam Perang Melawan Turki

0

Bernas.id ? Perang saudara yang berlangsung di Suriah kini terancam melebar menjadi perang antarnegara. Kepada wartawan Al Jazeera, kelompok militan Kurdi YPG menjelaskan kalau pihaknya sudah setuju untuk membiarkan pasukan pemerintah Suriah memasuki kota Afrin yang terletak di dekat perbatasan Turki.

?Tentara Suriah masih belum tiba. Kami meminta militer Suriah untuk melindungi Afrin karena kami ingin menjaga keutuhan Suriah,? kata Nuri Mahmoud yang bertindak sebagai juru bicara YPG.

?Kami berkata seperti ini karena masyarakat internasional masih tetap menganggap pemerintah Suriah sebagai pemerintahan berdaulat, dan kami meminta kewenangan mereka untuk melindungi wilayahnya,? tambahnya. Mahmoud memperkirakan kalau militer Suriah bakal tiba di Afrin pada hari Rabu (21/2/2018).

Begitu mendengar kabar ini, pemerintah Turki memperingatkan Suriah kalau tindakan membantu YPG hanya akan berakhir sia-sia. ?Jika (militer Suriah) datang untuk melindungi YPG, maka tidak akan ada yang bisa menghentikan pasukan Turki,? kata Menlu Turki Mevlut Cavusoglu seperti yang dilansir oleh Reuters.

Sejak bulan Januari lalu, militer Turki yang dibantu oleh kelompok pemberontak FSA melakukan invasi ke wilayah Suriah utara yang dikuasai oleh kelompok YPG. Turki beranggapan kalau YPG memiliki hubungan dengan PKK, kelompok militan Kurdi di wilayah Turki selatan yang ingin mendirikan negaranya sendiri.

YPG merupakan kelompok bersenjata yang awalnya dibentuk dengan tujuan melindungi masyarakat Kurdi dalam perang saudara Suriah. Menyusul keberhasilan mereka memukul mundur pasukan ISIS yang hendak menguasai kota Kobane, YPG secara berangsur-angsur tumbuh menjadi kekuatan baru di Suriah utara.

Leave A Reply

Your email address will not be published.