Berita Nasional Terpercaya

Bank BTN Gelar Kompetisi BTN Mortgtech Hackaton Pertama di Indonesia

0

Jakarta, Bernas.id – PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN terus memacu lini bisnis digital banking sesuai dengan strategi transformasi digital perseroan guna mendukung Program Satu Juta Rumah.

Kali ini dengan didukung DailySocial, Bank BTN menggelar Kompetisi BTN Mortgtech (mortgage technology) Hackathon. Ini adalah kompetisi hackathon mortgage technology pertama di Indonesia.

Ajang kompetisi pengembangan aplikasi ini digelar untuk mencari bakat-bakat yang mumpuni dalam pengembangan teknologi informasi (Information and Technology/IT) di bidang keuangan (financial) dan perumahan (mortgage).

“Melalui BTN Mortgtech, kami berupaya menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia khususnya generasi muda akan perumahan sekaligus memberikan peluang bagi mereka yang berbakat di Indonesia untuk mengeksplorasi talentanya,? ujar Maryono, Direktur Utama Bank BTN, di Jakarta, Senin (19/02/2018).

Maryono optimistis bahwa kompetisi ini akan banyak melahirkan berbagai inovasi untuk berbagai aplikasi yang mendukung pengembangan kredit pemilikan rumah (KPR) di Indonesia sehingga mampu menjawab kebutuhan generasi muda dan selaras dengan visi BTN terutama dalam rangka mendukung Program Satu Juta Rumah.

?Kami terus berupaya memacu pencapaian Program Satu Juta Rumah. Apalagi, angka backlog rumah di Indonesia masih tinggi. Untuk mendukung kesuksesan program tersebut, Bank BTN tahun ini ditargetkan untuk menyediakan kredit perumahan bagi 750.000 unit rumah.

Untuk mencapai target tersebut, demikian Maryono, Bank BTN terus bertransformasi dengan mengembangkan teknologi baru, khususnya untuk KPR. Melalui BTN Mortgtech, Maryono berharap Bank BTN dapat menjawab berbagai tantangan perkembangan teknologi yang semakin cepat terutama di bidang KPR.

Untuk mengikuti kompetisi ini, para calon peserta dapat mendaftar melalui kanal btnhackathon.id. Pendaftaran dibuka mulai 15 Februari 2018 hingga 17 Maret 2018. Dalam kompetisi ini, Bank BTN juga menyiapkan total hadiah mencapai Rp200 juta hingga kesempatan ke Silicon Valley.

Maryono memaparkan, ajang BTN Mortgtech akan mencakup dua acara utama yaitu meetup roadshow dan hackathon. Meetup Roadshow akan digelar di tiga kota, yaitu di Jakarta pada 27 Februari 2018, Malang pada 6 Maret 2018, dan Yogyakarta pada 8 Maret 2018. Dalam kegiatan itu, akan dilakukan pertemuan langsung dengan para developer lokal di Indonesia.

Kemudian pada hackathon bertajuk BTN Mortgtech, para finalis terpilih akan mengikuti hackathon dengan tema ?Mortgage Technology Pertama?. Acara puncak tersebut akan digelar di Jakarta pada 24-25 Maret 2018.

Sementara itu, lini bisnis digital banking Bank BTN terus melaju positif. Data keuangan Bank BTN merekam adanya lonjakan pertumbuhan nilai transaksi melalui jaringan SMS atau mobile banking dan internet banking.

Per Desember 2017, nilai transaksi layanan SMS atau mobile banking Bank BTN melonjak 59,23% secara tahunan (year-on-year/yoy). Lewat jaringan internet banking, Bank BTN per Desember 2017 mencatat lonjakan nilai transaksi sebesar 108,47% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Dengan kinerja tersebut, Per Desember 2017, Bank BBTN membukukan pertumbuhan fee based income (FBI) yang berasal dari digital banking sebesar 26,8% menjadi Rp102,4 miliar dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp80,76 miliar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.