Berita Nasional Terpercaya

Tips Hidup tanpa Utang ataupun Kredit bagi Pegawai Negeri Sipil, Layak Coba

0

Bernas.id – Siapa yang nggak kenal Pegawai Negeri Sipil atau disingkat PNS? Banyak orang tua yang menginginkan anaknya menjadi pegawai negeri sipil dikarenakan penghasilan atau gajinya yang tetap dan rutin setiap bulannya.  Berbeda dengan pengusaha ataupun entrepreneur yang lain, di mana penghasilan keuangannya tidak tetap per bulannya.

Bagi PNS, bukan berarti tidak ada masalah tentang keuangan rumah tangganya. Bahkan banyak jasa perbankan pengambil kreditnya dari kalangan ini ataupun jasa kredit yang lain seperti sepeda motor, mobil, dan lain-lain. Mereka lebih senang menawarkan jasa kreditnya kepada PNS karena penghasilannya rutin per bulan, jarang sekali terjadi penundaan apalagi kegagalan.

Hutang dan pengambilan kredit bagi pegawai negeri sipil, bukan berarti mereka aman-aman saja dalam keuangannya. Saking banyaknya begitu tanggal gajian, sudah langsung terbagi-bagi untuk pembayaran tagihan, sehingga sering PNS mencari penghasilan sampingan. Akibatnya, banyak kejadian korupsi waktu dan pelayanan. Hal demikian sebenarnya bukan solusi yang cerdas, yang lain saja sibuk dan susah mencari uang, yang ini malah dihabis-habiskan. Belum kalau anak-anaknya semakin membutuhkan uang untuk biaya pendidikan, biaya kos, atau biaya hidup yang lain. 

Berikut tips cerdas tanpa utang bagi PNS yang baik kita simak:

1. Hidup sederhana

2. Tunaikan dulu bagian keuangan yang untuk orang lain/sosial, contohnya zakat atau sejenisnya.

3. Keuangan yang tetap denga bisa mengatur antara kebutuhan primer dan sekunder. Membelanjakan keuangan penting-penting saja.

5. Tidak mengambil ataupun mengurangi pengambilan kredit yang menggunakan jaminan gaji bulannya.

6. Sisihkan keuangan untuk pendidikan anak, untuk tabungan, uang untuk orang tua, pengeluaran rutin rumah tangga seperti listrik, telpon, PDAM dan lain-lain.

7. Pembelian barang-barang mewah seperti mobil mewah, elektronik mewah harusnya dilakukan kalau memang ada uang tabungan yang cukup.

Semoga solusi ini menginspirasi dan memberi manfaat bagi yang membacanya. Selamat mencoba.

Leave A Reply

Your email address will not be published.