Berita Nasional Terpercaya

5 Gempa Bumi Terdahsyat di Dunia Sepanjang Sejarah, Indonesia Termasuk Salah Satunya

0

Bernas.id – Gempa bumi seperti tamu yang tak diundang, datang tanpa permisi dan pulang tanpa tahu kapan akan datang kembali. Akibat dari gempa bumi bermacam-macam, ada yang berakibat kerusakan ringan sampai kerusakan berat dan diikuti musibah lainnya seperti tsunami yang bisa menghabisi sebuah daerah tanpa ampun.

Akhir-akhir ini gempa bumi mulai banyak terasa dan diberitakan, tidak memandang daerah dan kondisi sebuah negara. Gempa bisa terjadi tanpa pandang bulu. Berikut ini adalah 5 gempa terbesar yang pernah terjadi di dunia sepanjang sejarah. Dan Indonesia menjadi salah satu negara ?yang dikunjunginya?.

1. Gempa 9,5 SR di Valdivia, Chili

Gempa yang terjadi pada tahun 1960, menelan korban jiwa 1.665 orang dan ribuan orang yang terluka dan jutaan orang kehilangan tempat tinggal. Gempa yang mengundang tsunami ini, sampai terasa di Hawaii yang memakan korban 61 orang  dan Filipina juga menelan 32 orang korban.

2. Gempa 9,2SR di Prince William, Alaska

Daerah  Prince William di Alaska, dicatat sebagai daerah yang dikunjungi gempa dasyat di tahun 1964. Dengan kekuaran 9,2 SR memakan korban 128  jiwa. Kembali tsunami muncul di Hawaii bersamaan dengan gempa ini, dan tidak hanya itu, kerusakan yang parah di jalur-jalur utilitas kota terjadi dan mengacaukan situasi saat itu.

3. Gempa 9,1 SR di Lepas Pantai Sumatera Utara, Indonesia

Desember 2004, dicatat sebagai sejarah terkelam Indonesia ketika dikunjungi gempa berkekuatan 9,1 SR dan menimbulkan tsunami yang berhasil menelan Aceh dengan memakan korban 227.000 jiwa dan 1,7 juta orang kehilangan tempat tinggal. Gempa ini dirasakan juga di Asia bagian Selatan dan Afrika timur.

4. Gempa 9,0 SR Pantai Timur Pulau Honshu, Jepang

Jepang yang sering dikunjungi gempa, mengalami gempa dasyat di tanggal 11 Desember 2011. Kekuatan 9,0 SR mengguncang pantai timur di Pulau Honshu dan menelan korban 29.000 jiwa. Tsunami yang menyertai gempa ini menelan Fukushima dan merusakan reactor nuklir yang terletak disana.

5. Gempa 9,0 SR di Semenanjung Kamchatka, Rusia

Gempa besar yang tidak menelan korban jiwa, terjadi pada tahun 1952 di semenanjung Kamchatka, Rusia walaupun sempat diikuti Tsunami dengan tinggi 13 meter dan sempat mencapai California, tapi semua keadaan terkendali dan semua dapat kembali seperti semula.  Hawaii yang juga ikut merasakan gempa ini mengalami kerusakan dan kerugian materi yang cukup besar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.