Berita Nasional Terpercaya

Jokowi: Masyarakat Makin Kritis Sampai Bikin Viral

0

BOGOR, Bernas.id ? Presiden Joko Widodo menyoroti sikap masyarakat utamanya pengguna media sosial. Hal ini karena sikap kritis dari masyarakat, kalau ada sedikit kesalahan oleh aparatur negara, maka menjadi viral di media sosial.

Hal ini diungkapkan Presiden saat memberikan pembekalan kepada 1.591 CPNS calon hakim di Lingkungan Mahkamah Agung (MA). Pria yang akrab disapa Jokowi itu juga sempat menyinggung soal peningkatan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

“Mulai tahun depan kita akan memulai pembangunan besar-besaran di bidang SDM. Karena kekuatan SDM pilar utama kita. Sebab dunia berubah sangat cepat. Berubah cepat. Inilah yang harus kita antisipasi,” kata Jokowi di Gedung Auditorium Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung, Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Rabu (21/2/18).

Menurutnya, perubahan cepat tersebut berbasis digital. Perubahan ini tidak hanya dialami Indonesia, melainkan terjadi secara global.

“Ini akan melanda seluruh kehidupan masyarakat. Semua negara tak bisa membendung ini,” ucapnya.

Akibatnya, sistem organisasi terutama di sektor swasta juga mengalami perubahan sangat besar. Perubahan itu juga berdampak pada masyarakat yang semakin kritis.

“Masyarakat juga semakin kritis. Kesalahan sedikit oleh aparatur negara akan cepat viral di media sosial. Ini yang harus cepat kita antisipasi,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Ia pun menilai perubahan yang cepat ini harus dikuatkan dengan memperkokoh penerapan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Jangan terjebak pada middle income track, yakni negara berkembang yang tidak bisa maju.

Leave A Reply

Your email address will not be published.