Berita Nasional Terpercaya

Mari Mengenal Lebih Jauh Bitcoin

0

Bernas.id – Beberapa bulan ini, bitcoin menjadi salah satu tema keuangan yang cukup fenomenal. Bagaimana tidak, nilai tukar satu bitcoin dengan dolar hingga mencapai belasan ribu dolar di tahun 2017.  Pada tanggal 25 Desember 2017 menurut Bitcoin.com nilai tukar bitcoin mencapai 13,686 dolar US atau setara dengan Rp185 jutaan bila menggunakan kurs Rp13.566.

Hal yang wajar bila investor semakin melirik bitcoin sebagai salah satu alat investasi dalam rangka meningkatkan dananya. Karena gain yang terbentuk atas penjualan bitcoin ini mulai pertengahan tahun 2017 hingga akhir tahun 2017 sangat signifikan. Bila disetarakan dengan rupiah, nilai satu bitcoin pada pertengahan 2017 mencapai Rp30 jutaan dan pada akhir tahun 2017 mencapai sekitar Rp185 jutaan. 

Namun,  pada  tanggal 2 Februari 2018, laman Bitstamp Exchange melaporkan harga satu bitcoin setara dengan  9,022 USD Dollar (atau  Rp 21 jutaan).  Nilai tersebut jauh menurun dibandingkan pada tanggal 25 Desember 2017.

Terlepas dari naik dan turunnya nilai tukar bitcoin dibandingkan dengan nilai mata uang yang lainnya, sebagian besar dari kita  belum mengetahui apa itu bitcoin.

Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang virtual yang dikembangkan sejak tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto di mana alat pembayaran ini  hanya tersedia di dunia digital. Dan bitcoin ini dapat digunakan sebagai alat pembayaran transaksi jual beli melalui toko online.

Jika ada pembayaran, maka bitcoin tersebut akan tersimpan di rekening seperti layaknya seperti uang disimpan pada rekening di bank.  Nama rekening tersebut dinamakan Bitcoin Wallet Address. Bila Anda akan membuat Bitcoin Wallet Address dapat memprosesnya melalui dua fitur bitoin yang sudah terkenal yaitu blockchain.info dan bitcoin.co.id. Apabila Anda telah membuat address tersebut maka kita sudah siap mengisinya dengan bitcoin.

Adapun untuk memperoleh bitcoin ini dapat melalui berbagai cara seperti (1) menerima bitcoin dari orang lain. Sebagai contoh, bila kita membuka toko online dan mekanisme pembayarannya dapat menggunakan transfer uang atau bitcoin  (2) membeli bitcoin. Untuk cara pembelian maka kita sebagai pembeli dapat melakukan melalui broker, bursa ataupun melalui komunitas. (3) Menambang bitcoin. Apabila Anda ingin memperoleh bitcoin dengan cara ini, maka Anda harus mempunyai modal yang  besar. Karena metode ini harus menggunakan alat yang canggih dan mahal, di mana alat-alat tersebut melalui jariangan internet terhubung dengan komputer di seluruh dunia.

Manfaat

Uang virtual tidak terlalu banyak terikat dengan aturan dan persayaratan seperti halnya uang konvensional. Tentunya hal ini akan menimbulkan manfaat dan risiko. Adapun manfaat dari penggunaan bitcoin ini adalah (1) tidak ada biaya transfer antar pembeli dan penjual. Tidak seperti uang konvensional karena melalui institusi maka akan dikenakan biaya, (2) proses transfer cepat dikarenakan tidak perlu melalui persetujuan suatu institusi, (3) untuk memperoleh bitcoin pun beraneka ragamdan dimungkinkan memperoleh bitcoin dari hasil permainan games.

 

Risiko

Dengan adanya kemudahan memperoleh bitcoin, maka tidaklah aneh penggunaan bitcoin menjadi marak sebagai alat tukar maupun sebagai alat investasi . Dan hal ini tentunya menjadi perhatian oleh Bank Indonesia sebagai institusi yang menjaga kestabilan moneter di Indonesia. Diingatkan oleh bank sentral tersebut bahwa bitcoin mempunyai risiko yang perlu diwaspadai seperti:(1) risikonilai tukar yang fluktuatif terutama dapat menjadi alat penggelembungan, (2) potensi untuk digunakan dalam tindak pidana (pembelian obat terlarang, pencucian uang, pendanaan terorisme) dikarenakan dana virtual ini tidak terlacak serta rentan terhadap serangan cyber, (3) risiko hilang dan tidak terlacak dikarenakan tidak adanya badan negara yang mengawasi kegiatan tersebut. (4) risiko diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dengan adanya risiko tersebut, apabila di masa yang akan datangbahwa bitcoin ataupun virtual currency tetap akan diberlakukan, maka diperlukan suatu badan resmi yang mengatur dan membuat kebijakan atas pemberlakuan serta pengoperasioan mata uang digital tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.