Berita Nasional Terpercaya

Wacana Perpanjangan Rute Kereta Cepat Masuk Dalam Program

0

JAKARTA, Bernas.id – Wacana perpanjangan rute kereta cepat Jakarta-Bandung hingga ke Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, akan masuk tahap lanjutan.

Baca juga: 3 Cara Membeli Saham Bagi Pemula dengan Mudah

Komisaris Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Sahala Lumban Gaol menyebut, usulan tersebut meski menilai rute baru tersebut akan cukup pelik terealisasi karena panjangnya lintasan dan besarnya investasi yang dibutuhkan.

“Perpanjangan ke Kertajati, kalau dari KCIC ‘welcome’ (menyambut) saja, tapi itu cukup panjang. Tapi kita selesaikan saja dulu ini (rute awal) sebagai tahap pertama, nanti kita bangun ke sana,” katanya di Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Dirinya menilai, memperpanjang lintasan hingga lebih dari rute awal dikhawatirkan akan memberatkan investor. Terlebih, jarak dari titik akhir lintasan di Tegalluar hingga ke Kertajati bisa mencapai 60 km.

Baca juga: 6 Langkah Belajar Investasi dan Trading Saham dari Nol

Staf Khusus Menteri BUMN yang merangkap Chairman PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI), pemegang saham mayoritas KCIC, itu menilai ketimbang terhubung dengan Bandara Kertajati, akan lebih menarik jika transportasi massal itu terlebih dahulu terhubung dengan Bandara Soekarno Hatta di Cengkareng, Banten.

Pasalnya, rute kereta cepat dari kawasan Bandara Halim Perdanakusuma dinilai strategis jika terhubung dengan bandara terdekat.

Baru setelah itu, dari titik perhentian akhir kereta di Tegalluar, disambung lagi jalurnya hingga ke Kertajati.

“Kalau dari Halim ke Bandara Soekarno Hatta itu sangat bagus. Kalau sampai Kertajati saya rasa oke. Dibangun dari Halim ke Soekarno Hatta kemudian dari Tegalluar ke Kertajati,” tuturnya.

Baca juga: Mengenal Trading Saham dan Cara Jitu Jadi Trader Handal

Leave A Reply

Your email address will not be published.