Berita Nasional Terpercaya

Ilmuwan Jepang Ciptakan Monitor Lentur untuk Dipasang di Tangan

0

Bernas.id ? Monitor kini bukan hanya dapat ditemukan pada layar perangkat keras. Di Jepang, ilmuwan setempat mengembangkan sebuah monitor kecil dan fleksibel yang bisa dipasang pada tangan. Benda menyerupai perban transparan ini hanya memiliki ketebalan 1 mm dan dapat digunakan untuk berkomunikasi serta memantau kondisi kesehatan pemiliknya.

Takao Someya adalah orang di balik terciptanya monitor yang menakjubkan ini. Profesor dari Universitas Tokyo ini mengaku mengembangkan monitor ini sebagai solusi bagi tenaga kesehatan untuk membantu memantau pasien yang harus menjalani kesehariannya di atas ranjang.

?Dengan ini, bahkan dalam perawatan yang bergaya rumah, anda bisa memperlihatkan data kesehatan kepada dokter anda, yang kemudian bisa berkomunikasi balik dengan sang pasien,? kata Someya seperti yang dikutip oleh Al Jazeera.

?Tempelkan ini pada kulit anda, dan anda akan merasa seolah-olah ini merupakan bagian dari tubuh anda. Saat anda menerima pesan yang dikirimkan ke tangan anda, anda akan merasakan kedekatan batin dengan penerimanya,?  tambah Someya.

Monitor ini sendiri dibuat dari sekumpulan LED mikro yang dipasang pada semacam lapisan karet. Monitor yang sama juga dilengkapi dengan sensor untuk memantau kondisi pemasangnya, serta perangkat komunikasi nirkabel untuk keperluan komunikasi jarak jauh.

Kaum lanjut usia di Jepang menjadi target utama pemakaian monitor ini. Namun Someya memperkirakan kalau di masa depan, perangkat ini kelak juga bakal digunakan oleh kaum pekerja untuk melihat panduan di tangannya sembari bekerja.

Someya berharap kalau perangkat yang ia buat bersama perusahaan cetak Dai Nippon Printing ini sudah bisa beredar di pasaran dalam kurun waktu tiga tahun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.