Berita Nasional Terpercaya

Kemenpan RB Beri Dukungan Bagi Pemda Paling Inovatif

0

SURABAYA, Bernas.id – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mendorong seluruh instansi pemerintah khususnya pemerintah daerah (Pemda) untuk lebih inovatif dalam meningkatkan kualitas pelayanan publiknya.

Dalam hal peningkatan kualitas ini KemenPANRB telah menyiapkan insentif bagi Pemda yang inovasinya dinilai bagus.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa mengatakan, hasil Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2017, menjadi salah satu dari 10 kategori dalam pertimbangan pemberian alokasi Dana Insentif Daerah (DID) untuk Tahun Anggaran 2018 ini.
Kementerian Keuangan, khususnya Ditjen Perimbangan Keuangan (DJPK), telah menetapkan Jawa Timur termasuk Kabupaten/Kota yang mendapat DID paling besar karena inovasi ini.

?Bagi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota lainnya, jangan ragu dan malu untuk menanyakan kunci sukses Jawa Timur dalam membangun pelayan publiknya,? ujar Diah.

Saat ini lebih dari 50 inovasi telah direplikasi oleh lebih dari 300 Unit Pelayanan Publik (UPP) dari berbagai instansi pemerintah. Jumlah ini seperti fenomena gunung es, jumlah riilnya mungkin jauh lebih dari itu, karena terbatasnya pencatatan dan monitoring yang kita lakukan.

?Insya Allah tahun ini kita akan monitor, sehingga kita mendapatkan jumlah yang lebih pasti dari replikasi yang terjadi,? tambahnya.

Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik, merupakan langkah strategis untuk menjaring inovasi pelayanan publik yang dilahirkan oleh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, termasuk BUMN dan BUMD.

Pembinaan inovasi pelayanan publik tidak berhenti di kompetisi, tetapi data inovasi hasil kompetisi dijadikan bahan pembelajaran untuk proses replikasi dan studi tiru, sehingga inovasi pelayanan publik menyebar di berbagai instansi lain untuk percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.