Berita Nasional Terpercaya

Inilah Tipe Guru yang Cocok untuk Generasi Milenial

0

Bernas. id – Sistem pendidikan di Finlandia menjadi salah satu yang terbaik di dunia, dengan sedikit pekerjaan rumah, sedikit waktu di dalam kelas, lebih banyak bermain, dan tak ada ujian nasional (UN).  “Lah, kok bisa?” itulah kemungkinan pertanyaan yang muncul di benak Anda.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Ya! Finlandia, sebuah negara di Eropa Utara yang memiliki wajib belajar sembilan tahun, dari umur 7-16 tahun. Finlandia sangat terkenal dengan sistem pendidikannya yang santai, menyenangkan, namun hasil belajar yang memuaskan. Di negara ini, menjadi seorang guru bukanlah perkara mudah, karena untuk masuk jurusan pendidikan harus mengikuti serangkaian tes yang sangat menantang. Untuk menjadi seorang guru, harus memiliki minimal ijazah S2 (master). Seorang guru bukan hanya menjelaskan materi kepada muridnya, namun harus bisa memotivasi dan mencarikan jalan seorang anak untuk lebih mengenali dirinya. Seperti kutipan Khalil Gibran, “If the teacher is indeed wise, he does not bid you enter the house of his wisdom, but rather leads you to the threshold of your own mind.”

Fenomena ini sangat sesuai dengan generasi milenial atau sering disebut generasi Z. Merupakan kids zaman now yang memiliki karakter berbeda dengan generasi X, yang selalu patuh terhadap perintah. Generasi Z, mereka digital native, lebih tertarik pada ilmu pengetahuan yang memiliki relevansi dengan kehidupan sehari-hari dan kesukaan mereka. Contohnya, seorang anak lebih tertarik ketika mempelajari sastra. Siswa tidak diminta untuk menghafal teori, namun membuat karya sastra atau bermain drama. Jadi bisa praktek sambil mempelajari teorinya. So, jangan salahkan murid ketika mereka merasa bosan dan mengantuk saat jam pelajaran atau izin ke kamar kecil, kemudian ngacir ke kantin. Bukan siswa yang disalahkan dan dikekang lebih kuat dengan berbagai macam peraturan dan hukuman.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

Guru harus lebih instropeksi dengan memahami karakter siswa juga mengikuti perkembangan teknologi. Seperti Finlandia, mulai 2016 mengajarkan bahasa program komputer sejak sekolah dasar, karena tuntutan zaman serba teknologi. Jadi, wajar saja kalau mahasiswa kependidikan mendapat mata kuliah Information Technology.

Tak hanya di bidang teknologi, guru seharusnya membentuk karakter siswa menjadi entrepreneur. Kembali ke Finlandia, di sana sekolah musik tak hanya mempelajari tentang cara memainkan alat suatu alat musik. Seorang guru biola membawa satu biola untuk diprotoli satu-persatu bagian dari biola tersebut. Meliputi nama, bahan dan cara membuatnya. Sehingga bisa menceetak pemusik yang bisa memproduksi alat musik.

Itulah poin-poin yang harus diperhatikan dan dipraktikkan oleh guru untuk generasi milenial. Inovasi dan belajar, dua kata yang tak boleh dilepaskan dari peran guru untuk menghasilkan generasi yang luar biasa.

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.