Berita Nasional Terpercaya

Ketika Keajaiban Alquran Sering Dilupakan, 6 Hal Ini Perlu Disimak Baik-baik

0

Bernas.id – Alquran adalah kalam Allah yang tiada bandingnya (mukjizat), diturunkan kepada nabi Muhammad dengan perantara Jibril a.s, ditulis dalam mushaf-mushaf yang disampaikan kepada kita secara mutawatir sehingga terjaga keasliannya, serta membaca dan mempelajarinya merupakan ibadah.

Alquran diturunkan Allah kepada manusia bukan untuk menyusahkan manusia. Mengapa ini dibahas? Karena tidak sedikit manusia yang menganggap bahwa aturan Allah yang berlaku dalam kehidupan hanya menyusahkan dirinya. Padahal Allah berfirman, ?Kami tidak menurunkan Alquran kepadamu agar kamu mendapat kesusahan?. (Q.S 20:2). Justru sebaliknya, orang-orang yang menjalankan aturan Allah akan mendapati kehidupan yang jauh lebih baik dari pada orang-orang yang tidak menjalankan aturan Allah. Sesuai dengan fitrah manusia, Alquran mudah dipahami dan diambil pelajaran darinya (Q.S 54:17,34).

Alquran yang Allah turunkan 14 abad yang lalu kepada Rasulullah telah mengubah bangsa Arab dari kejahiliyahan yang menjerumuskan mereka kepada kebodohan, kerusakan dan kesesatan menuju cahaya Islam. Islam kemudian yang menjadikan mereka sebagai sebaik-baiknya umat yang ada dari golongan manusia. Generasi mereka yang kemudian menjadi panutan bagaimana mengangkat martabat dari segala kejahatan dan keburukan serta menghiasi diri mereka dengan akhlak terpuji dan mulia. Mereka pun menjadi contoh dalam hal kebenaran, kesetiaan, amanah, pengorbanan, sopan santun, pengasih dan kejujuran.

Alquran terkenal karena keindahan dan kemurnian bahasanya. Keagungan dan kehalusan gayanya tak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Gayanya jauh melampaui standar bahasa Arab serta tidak bisa ditiru oleh seorang pun. Karenanya Alquran dianggap sebagai mukjizat terbesar, lebih besar dari mukjizat membangkitkan orang mati. Jika semua mukjizat yang dimiliki Rasul sebelumnya akan hilang seiring dengan wafatnya mereka, tidak demikian halnya dengan Alquran. Alquran akan tetap ada dengan keagungan kandungannya dan dengan tantangan dari satu generasi ke generasi berikutnya tanpa ada seorang pun yang bisa menaggapi tantangan itu. Hal ini cukup bagi kita untuk mengatakan bahwa kitab suci benar-benar berasal dari Tuhan.

Alquran memiliki beberapa karakteristik yang sering dilupakan, di antaranya:

1.    Alquran adalah Manhajul Hayya (Petunjuk Hidup)

Alquran berisi tuntunan yang dapat kita gunakan dalam kehidupan kita. Masalah apapun yang kita hadapi, kita dapat merujuk kepada Alquran. Baik itu masalah sosial, ekonomi, politik atau masalah yang berkaitan dengan diri kita sendiri. Lihat Q.S Al-Baqarah: 185 dan Q.S Al-Qasas: 50.

2.    Alquran adalah ruh bagi orang-orang yang beriman

Alquran sebagai petunjuk hidup berlaku bagi seluruh manusia, tapi Alquran sebagai ruh hanya berlaku bagi orang-orang yang beriman.

3.    Alquran adalah Adz Dzikr (Peringatan)

Di dalam Alquran terdapat kisah-kisah dari orang-orang terdahulu sebagai peringatan bagi kita agar tidak mempunyai sifat atau melakukan kembali kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan.

4.    Alquran sebagai sumber ilmu pengetahuan

Segala disiplin ilmu sudah ada dalam Alquran. Bahkan ilmu pengetahuan alam yang baru ditemukan oleh manusia dengan bantuan peralatan canggih pun sudah ada sebelumnya dalam Alquran. Misalnya ilmu kedokteran tentang pembentukan janin dalam rahim. Manusia baru bisa memahami setelah ditemukan alat canggih berupa mikroskop dan alat-alat lain yang dapat memantau perkembangan dalam perut seorang ibu. Akan tetapi pada abad ke 7 Alquran sudah menjelaskan tentang masalah ini dalam ayat-ayatnya.

5.    Kesempurnaan dan kemurnian Alquran

Alquran juga merupakan kitab yang teramat mulia dan terpelihara (Q.S 56:77-78). Kesempurnaan dan kemurnian Alquran terjamin selama-lamanya (Q.S 6:115, 15:9). Tidak seorang pun yang dapat menandingi  keindahan dan keagungan Alquran (Q.S 2:23,17:88). Alquran pun tersusun secara terperinci dan rapi.

6.    Alquran bersifat umum dan universal

Kandungan Alquran mencakup seluruh bidang/permasalahan manusia (Q.S 6: 38). Selain itu Alquran berlaku secara universal maksudnya adalah Alquran berlaku selamanya dan untuk seluruh kaum (Q.S 25: 1).

Leave A Reply

Your email address will not be published.