Berita Nasional Terpercaya

Panglima TNI: Pesta Demokrasi Diramaikan Rakyat

0

MALANG, Bernas.id – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menekankan netralitas lembaganya dalam Pilkada Serentak 2018. Pilkada merupakan pesta demokrasi rakyat untuk memilih pemimpin di daerah. TNI, katanya, adalah salah satu lembaga yang bertanggung jawab menjaga keberlangsungan pesta demokrasi itu.

“Biarkan pesta demokrasi diramaikan oleh rakyat, kita menjaga saja. Namun tetap saja kerawanan masih ada. Dan kita berdua, TNI – Polri mengantisipasi,” ujar Hadi saat menghadiri Silaturahmi Tokoh Masyarakat Malang Raya di Masjid Sabilillah Kota Malang, Jumat (23/2/18) malam.

Ia mengungkapkan membangun komitmen bersama Polri untuk tetap menjaga netralitas dalam Pilkada. Tidak akan berpihak kepada salah satu calon tertentu. “Kita berkomitmen untuk netral. Tidak memihak salah satu calon atau partai. Artinya apa, artinya kita tidak sama sekali mendukung siapapun,” sambungnya.

“Saya sampaikan kepada Pak Tito (Kapolri), Pak Tito punya senior, saya juga punya senior. Senior Pak Tito ada yang mencalonkan enggak, iya. Senior saya juga ada. Saya sampaikan kepada Pak Tito, hubungan silaturahmi tetap ada, tapi kalau untuk mendukung, tidak ada,” ujarnya.

Hadi menyatakan soliditas TNI-Polri dalam mengawal Pilkada serentak tetap terjaga. Kalau soliditas antara Polri-TNI sudah terjalin maka Pilkada dipastikan berlangsung aman. Meski begitu, ia menyadari tetap ada di Pilkada. Menurutnya ada ancaman dari dunia siber. Pihaknya mengaku sudah mengantisipasi munculnya serangan siber dengan mengkontrol informasi-informasi yang berisi ujaran kebencian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.