Berita Nasional Terpercaya

Cara Meringankan Gejala Alergi Secara Alami

0

Bernas.id – Alergi tak jarang begitu menyiksa. Dari yang ringan hingga yang terberat, sebaiknya tak boleh disepelekan. Jika Anda adalah sebagian dari penderita alergi sangat ingin tahu bagaimana cara meringankan gejala alergi secara alami, ada baiknya membaca ini. Anda mungkin akan menemukan bahwa ada beberapa perawatan alami yang bekerja sangat baik dan biayanya lebih ekonomis dibanding obat yang ada di apotik.

1. Sari apel cuka

Ramuan ini memiliki lebih banyak manfaat dari yang Anda duga. Disamping sebagai pembersih, ramuan ini dapat membantu mengurangi produksi lendir dalam tubuh, hingga bisa meringankan penderita alergi hidung yang suka meler ataupun batuk yang menjengkelkan.

2. Neti pot

Alat ini digunakan untuk mengairi rongga hidung dengan larutan garam ataupun cairan lain yang bermanfaat. Mengurangi lendir yang menyesakkan napas. 

3. Nasal Spray

Cara bekerjanya hampir sama dengan neti pot. Semprotan yang dapat membersihkan saluran hidung yang membuat terbuka kembali saluran yang buntu saat terdampak alergi.

4. Quercetin

Ini adalah ramuan yang dilaporkan berhasil digunakan untuk mengobati gejala alergi. Kuncinya adalah kemampuannya membantu menstabilkan komponen utama dari sistem kekebalan tubuh dan mengurangi produksi histamine, yang merupakan penyumbang utama untuk gejala alergi. Quercetin juga merupakan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan.

5. Madu lokal

Walau pencegahan cara ini masih ada kontroversial, ada baiknya menggunakannya karena madu memang banyak manfaatnya.

6. Probiotik

Sistem pencernaan, atau ?usus?, memainkan peran besar dalam kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit lainnya. Suplemen probiotik dapat membantu meningkatkan kemampuan alami kekebalan usus. Membantu meringankan sistem alergi, dan manfaat lainnya meningkatkan pencernaan dan kurangi kerentanan terhadap penyakit.

7. HEPA filter

HEPA: High Efisience Particulate Air. Adalah filter udara dengan teknologi ini sangat efisien membersihkan partikel terkecil di udara. Mengurangi partikel penyebab alergi seperti serbuk sari atau polusi udara, sangat jelas manfaatnya untuk penderita alergi. Menggunakannya di kamar tidur dan tempat lain di mana penderita menghabiskan banyak waktu adalah sangat dianjurkan.

8. Mencuci

Percaya atau tidak, tindakan sederhana seperti mandi sangat baik untuk penderita alergi. Selain uap air membantu membersihkan sinus, mandi juga membilas allergen di tubuh Anda yang dapat memperburuk gejala. Penderita alergi yang suka berkebun sangat disarankan untuk segera mandi setelah menghabiskan waktu di taman.

9. Uap

Menggunakan uap lebih cepat dan lebih mudah daripada mandi. Juga solusi alami seperti minyak esensial tertentu yang dapat ditambahkan untuk meningkatkan efektivitas uap mungkin memberikan aroma yang menenangkan juga menyenangkan.

10. Makanan pedas

Mungkin terdengar sedikit aneh, tapi banyak orang meyakini bahwa makanan pedas adalah cara yang bagus untuk membersihkan sinus dan memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan pada gejala alergi.

Pilihan ada pada Anda untuk mencoba salah satu cara dari beberapa cara di atas.

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.