Berita Nasional Terpercaya

GPBG Mengenang Kembali Switzerland Van Java

0

GARUT, Bernas.id – Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya mengapresiasi gelaran event Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG) 2018 yang disambut meriah oleh masyarakat dan wisatawan.

Perhelatan ini sendiri diharapkan mampu meningkatkan popularitas Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang dahulu pernah dikenal dengan sebutan ?Switzerland Van Java?.

?Karena 50 persen keberhasilan dalam mengembangkan pariwisata di suatu daerah sangat tergantung dari CEO commitment itu,? ujar Arief usai membuka Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG).

Arief yang didampingi Wakil Ketua Komisi X DPR, Ferdiansyah dan Pjs Bupati Garut, Koesmayadi, pada kesempatan itu menjelaskan, bahwa sudah banyak daerah yang dahulu sektor pariwisata belum berkembang dan tidak dikenal, sudah saatnya sekarang untuk bangkit.

Tentu dengan bantuan beberapa komponen seperti akademisi, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah, dan media, disertai semangat incorporated maka akan berhasil menjadikan pariwisata dikenal ke mancanegara, sekaligus menjadi sumber penggerak ekonomi utama daerah.

?Ini sudah dibuktikan oleh Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, sebagai salah satu kabupaten yang kini menjadi destinasi pariwisata kelas dunia, dan berhasil menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan dalam mensejahterakan masyarakat,? jelasnya.

Garut sendiri pernah dijuluki sebagai Switzerland Van Java, namun kini dalam perkembangan, kabupaten ini dikenal melalui produk oleh-oleh yaitu Dodol Garut, Kambing Garut, serta produk kerajinan kulit seperti jaket, tas, dan asoseries.

?Sebagian masyarakat Garut juga dikenal keahliannya dalam usaha cukur rambut, semua ini merupakan potensi yang dapat dikembangkan untuk mengangkat pariwisata Garut,? tambahnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.