Berita Nasional Terpercaya

Simak Video Mengagumkan 5555 Orang Menari Kecak Bersama

0

Bernas.id –  Sebanyak 5.555 orang penari yang terdiri dari siswa-siswi SMA/SMK se-Kabupaten Badung, Bali, sukses memecahkan rekor dunia yang dinilai oleh Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI). Ribuan penari itu bersama-sama menarikan Tari Kecak  di kawasan wisata Pantai Berawa, Tibubeneng, Badung.

“MURI sangat mengapresiasi kegiatan Kecak Kolosal ini. Ini tidak pantas menjadi rekor nasional, tapi pantas untuk menjadi rekor dunia,” ujar Manajer MURI, Triyono, saat penilaian di lokasi kegiatan, Minggu (25/2/2018) malam.

Triyono menjelaskan, Tari Kecak Kolosal tersebut bisa ditetapkan menjadi rekor dunia karena Tari Kecak adalah merupakan budaya lokal dan kesenian khas milik Bali yang tidak ada di negara manapun. “Tetap semangat berkarya untuk kekayaan nasional Indonesia,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Badung, I Made Badra, menyatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar sebagai rangkaian “Berawa Beach Art Festival 2018” tersebut, karena Tari Kecak Kolosal tersebut secara langsung telah ikut mengharumkan nama Kabupaten Badung.

“Tentunya kegiatan ini sangat kami apresiasi karena telah berhasil mengukir rekor MURI. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Tibubeneng dan para siswa siswi SMA dan SMK se-Badung yang terlibat dalam kegiatan ini,” katanya.

Baca juga Pemecahan Rekor Tari Saman di Aceh jadi Perhatian Dunia

Made Badra menambahkan, kegiatan tersebut sangat membantu Pemerintah Kabupaten Badung dalam mewujudkan target sebanyak 7 juta wisatawan pada tahun 2018. “Selain telah mengangkat nama Kabupaten Badung, Tari Kecak Kolosal ini juga sangat menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara,” ujarnya.

Dalam pemecahan rekor tersebut, 5.555 penari membentuk formasi di tepi Loloan Yeh Poh, kawasan Pantai Berawa. Semuanya memakai kain kemben bercorak saput poleng, yakni kotak-kotak hitam putih seperti papan catur, dengan selendang warna merah sebagai pengikat.

Saat surya mulai terbenam, mereka mulai melakukan gerakan Tari Kecak yang sangat atraktif. Para penari juga mengeluarkan suara bersahut-sahutan yang sangat rancak dan harmonis dengan dikomando oleh sejumlah instruktur.

Tonton video rekaman peristiwa kolosal tersebut di bawah ini:

Leave A Reply

Your email address will not be published.