Berita Nasional Terpercaya

Minum Air Es Picu Kanker Usus? Tenanglah Itu Hanya Mitos

0

Bernas.id – Hoax yang tak kalah konyol dalam kehidupan sehari-hari adalah tidak boleh minum air es setelah makan. Soalnya, bisa memicu timbulnya kanker. Padahal, air putih sudah menjadi minuman wajib tiap hari yang sehat buat tubuh. Banyak orang percaya air dingin atau air putih yang ditambah es batu bisa memadatkan kandungan minyak dalam makanan. Lama-kelamaan akan mengerak dan melapisi usus. Dinding tebal pada usus bisa menyebabkan kanker.

Alasannya, suhu dingin membuat makanan yang berminyak menjadi beku. Bekuan minyak tersebut bereaksi dengan asam di saluran pencernaan, maka bekuan tersebut akan menjadi lemak beracun di dalam usus. Lemak ini kemudian terserap dengan sangat cepat sehingga menyebabkan kanker. Faktanya tidak pernah ada hasil penelitian yang mengungkapkan kalau minum air dingin setelah makan dapat menyebabkan kanker. Sebab, panas alami di perut akan membuat semua makanan maupun minuman yang dingin atau panas akan memiliki suhu yang sama ketika berada di dalam perut.

Dokter konsultan saluran cerna di RS Cipto Mangunkusumo, DR Dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, FINASIM, FACP, MMB menyatakan informasi ini tidaklah benar. Ia mengungkapkan air es atau air dingin sama seperti air yang lain, tidak memiliki perbedaan khusus dan hanya suhunya saja yang berbeda. Menurutnya, konsumsi air dingin bukan faktor risiko terjadinya penyakit kanker. Minuman dingin lebih dianjurkan untuk dihindari karena memicu radang atau pilek pada mereka yang sensitif.

Meski begitu, jika memungkinkan lebih baik minumlah air putih hangat, agar suhunya sama seperti suhu tubuh yakni rata-rata 37 derajat Celcius. Sehingga proses penyesuaian suhu air yang terjadi di dalam tubuh lebih mudah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.