Berita Nasional Terpercaya

Ini Solusi Atasi Bocor pada Talang Beton

0

Bernas.id – 

Pertanyaan

Halo Bro Solin,

Perkenalkan aku Bayu, mau curhat nih, Bro. Talang beton di rumahku bocor. Setiap hujan airnya merembes sampai menetes ke dalam rumah. Akibatnya air hujan meluber ke mana-mana. Bagi solusinya dong, Bro. Selain itu, ada enggak sih, Bro, pelapis antibocor yang juga bisa digunakan untuk tembok rumah supaya enggak mudah dirembesi air?

Salam,

Bayu

Jawaban

Wah, talang bocor memang merepotkan, Bro Bayu. Apalagi di musim hujan seperti sekarang ini. Talang beton seperti yang Bro Bayu gunakan sebenarnya merupakan talang yang paling kuat jika dibandingkan dengan talang berbahan lain, misalnya talang seng atau paralon. Namun, hal itu enggak menjamin talang beton sama sekali bebas bocor.

Ada beberapa faktor yang menjadi pemicu kebocoran pada talang beton. Faktor yang pertama adalah perubahan cuaca ekstrem. Kehujanan dan kepanasan dalam waktu yang lama kerap membuat konstruksi talang beton retak hingga bocor. Faktor kedua yang menjadi penyebab kebocoran talang beton adalah kesalahan konstruksi saat membuatnya. Kesalahan konstruksi yang dimaksud di sini misalnya kesalahan adukan bahan yang berpotensi menyisakan pori-pori pada beton hingga menjadi penyebab kebocoran.

Jika kebocoran talang enggak diatasi, air hujan akan jatuh enggak pada tempatnya sehingga bisa membuat cipratan yang mengotori halaman dan pagar rumah. Selain itu, air hujan yang dibiarkan menetes tanpa diarahkan dengan talang menuju selokan drainase, akan menggenang dan menjadi sumber penyakit. Rembesan air bocoran dari talang juga bisa menyebabkan tembok rumah lembab hingga berjamur dan mengelupas.

Untuk mengatasi kebocoran talang di rumah Bro Bayu, silakan ikuti beberapa langkah berikut ini. Pertama-tama Bro Bayu mesti mencari sumber kebocorannya terlebih dahulu. Langkah ini penting untuk dilakukan dengan cermat dan teliti. Pasalnya, jika sumber kebocoran enggak ditemukan maka kebocoran juga enggak akan bisa diatasi. Setelah sumber kebocoran ketemu, Bro Bayu bisa langsung melapisinya dengan pelapis antibocor.

Solusi INDACO untuk masalah Bro Bayu adalah Top Seal Waterproofing. Produk pelapis antibocor dari PT Indaco Warna Dunia ini dirancang dengan formula elastis dan kedap air, sehingga mampu menutup sumber kebocoran pada talang dengan sempurna.

Cara mengaplikasikan Top Seal Waterproofing juga cukup mudah. Yaitu, cukup dengan mengoleskanna pada bagian talang yang bocor dan biarkan sampai mengering dengan sempurna. Untuk hasil lebih maksimal Bro Bayu bisa juga melapiskan serat fiber pada retakan atau lubang yang akan diolesi Topseal Waterproofing. Supaya talang beton Bro Bayu enggak bocor lagi, sebaiknya Bro Bayu juga melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala.

Selain efektif menahan bocor, Top Seal Waterproofing juga tersedia dalam berbagai pilihan warna (25 varian warna ready mix dan 1220 warna sistem tinting mesin colour innovation), sehingga enggak hanya bisa diaplikasikan pada talang beton tetapi juga pada tembok eksterior rumah supaya enggak mudah lembab karena dirembesi air hingga berjamur dan mengelupas.

Nah, Begitulah Bro Bayu. Semoga masalah kebocoran talang beton di rumah Bro bisa segera diselesaikan. Terima kasih

BeriSolusiPasti!

Bro Solin

Leave A Reply

Your email address will not be published.