Berita Nasional Terpercaya

Mafindo Yogyakarta Gelar Training Verifikasi Informasi untuk Lawan Hoax

0

Bernas.id – Di tengah situasi bertebarannya hoax di media sosial, Masyarakat Antifitnah Indonesia/Mafindo berupaya turut membela hak asasi manusia dengan cara melawan hoax. Upaya yang dilakukan adalah bekerjasama dengan civitas akademika Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), menggelar Kelas Training of Trainer (ToT) I Mafindo Yogyakarta bagi relawan yang diselenggarakan pada Selasa-Rabu, 6-7 Maret 2018 di Ruang 408 Lantai 4 Sayap Utara Gedung Pascasarjana UAJY.

Acara digelar pukul 17.00 s.d. 20.30 WIB pada hari pertama, dan 18.00 s.d. 21.00 WIB pada hari kedua. Fasilitator yang mendampingi partisipan kelas adalah Ranggabumi Nuswantoro, pengajar FISIP UAJY, yang mengampu sesi teknik presentasi, dan Lukas S. Ispandriarno, Ketua Prodi Pascasarjana Komunikasi UAJY, yang menyajikan sesi etika.

?Sementara Bapak Septiaji Eko Nugroho, Ketua Mafindo, akan menyajikan sesi verifikasi informasi,? ujar ujar Valentina Sri Wijiyati selaku Koordinator Mafindo Yogyakarta, lewat rilisnya kepada Bernas.id, Rabu (6/3).

Mafindo menurutnya hadir menyumbang upaya untuk menjaga kewarasan khalayak dengan (1) literasi digital, (2) pemeriksaan fakta (fact checking) dan penyebaran hasilnya di kanal-kanal Mafindo, serta (3) pengembangan piranti lunak (Hoax Buster Tools, diluncurkan oleh Menteri Rudiantara di Rakernas I Mafindo, 10 Februari 2018, sudah tersedia bagi pengguna Android).

Didirikan sebagai komunitas volunteer pada akhir 2016, menurutnya saat ini Mafindo sudah hadir di 15 kota Indonesia.

?Kami memiliki lebih dari 200 orang relawan aktif yang majemuk. Mafindo juga bekerja bersama Facebook dan Google, serta menginisiasi jejaring Asia Pacific Factchecker Network sebagai upaya untuk melakukan cek fakta antar negara (Cross Border Debunking). Menjelang hajatan Pilkada 2018 dan Pilpres 2019, para pihak perlu melaukan upaya lebih intensif untuk mencegah dan melawan penyebaran hoax, fitnah, dan hasutan,? ujarnya.

Baca juga Bela Negara, Bamsoet Dukung FKPPI Jadi Agen Anti Hoax

Mafindo pun perlu menguatkan pengetahuan dan ketrampilan lebih banyak relawannya untuk menjadi pendidik sebaya yang siaga mengkampanyekan pengetahuan-ketrampilan menguji kesahihan informasi kepada beragam audiens. Dengan latar belakang tersebut, penting bagi Mafindo chapter Yogyakarta menyelenggarakan ToT Verifikasi Informasi untuk relawan.

?ToT ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan relawan Mafindo terkait verifikasi informasi. Di akhir ToT, Mafindo diharapkan memiliki tambahan relawan yang memiliki kapasitas dasar sebagai pendidik sebaya dengan pengetahuan dan ketrampilan etika komunikasi dan verifikasi informasi dalam konteks daring dan luring, inti kerja verifikasi informasi, dan teknik presentasi yang inklusif-efektif-efisien,? tandasnya. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.