Berita Nasional Terpercaya

Lampu Ciptaan Ilmuwan Jepang Ini Bisa Melayang Seperti Kunang-Kunang

0

Bernas.id – Insinyur asal Jepang menemukan sebuah lampu dengan ukuran super kecil yang bisa melayang di udara. Tidak hanya itu, lampu tersebut juga bisa bergerak dan membentuk pola sesuai dengan keinginan penggunanya.

Dilaporkan Japan Times, lampu yang bernama Luciola itu berbentuk menyerupai kunang-kunang. Beratnya hanya 16.2 miligram, sementara diameternya hanya  3.5 milimeter. Namun di balik ukurannya yang kecil, lampu ini mampu memancarkan gelombang ultrasonik yang memungkinkannya memancarkan cahaya berwarna merah menyerupai lampu LED pada   textbox. Memiliki frekuensi yang tidak terdengar oleh telinga manusia, memungkinkan Luciola bekerja dalam keheningan total. 

Makoto Takamiya, anggota Kawahara Universal Information Network Project yang mengembangkan Luciola, mengatakan bahwa perlu waktu dua tahun hingga Luciola bisa bekerja seperti sekarang. Dalam beberapa tahun ke depan, ia berharap bisa terus  mengambangkan kemampuan Luciola. “Sejujurnya, harapan saya adalah supaya benda kecil ini memiliki kemampuan layaknya ponsel pintar, dan bisa membantu kehidupan sehari-hari manusia,” ungkapnya sebagaimana dikutip Japan Times. Takamiya juga berharap perangkat ciptaannya itu bisa diproduksi secara massa dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan.

Ke depannya, Luciola akan bisa diaplikasikan pada semua benda. Mulai dari benda-benda sederhana yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari seperti mobil atau perlengkapan rumah tangga seperti AC, hanya saja benda-benda itu perlu dilengkapi sistem khusus sehingga bisa tersambung dengan internet untuk menerima dan mengirim data yang memaksimalkan fungsi Luciola.

Dilengkapi dengan sensor gerakan dan temperatir, Luciola mampu terbang untuk mengirimkan pesan-pesan tertentu. Selain itu, Luciola juga mampu mendeteksi keberadaan manusia, atau membantu manusia dalam proyek pembuatan peta di masa depan. 

Kawahara Universal Information Network Project adalah program yang dibiayai pemerintah sebagai bagian dari Agensi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang. Proyek ini bertujuan untuk mengeksplorasi perkembangan mutakhir dalam bidang teknologi dan komunikasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.